Sianipar, Hot Do Boy (2022) Persepsi Masyarakat Terhadap Permainan Tradisional Marsitekka di Kelurahan Gonting Garoga Kecamatan Garoga Kabupaten Tapanuli Utara. Jurusan Pendidikan Maysarakat Fakultas Ilmu Pendidikan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1.NIM 1172171013_COVER.pdf - Published Version
Download (480kB) | Preview
2.NIM 1172171013_PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (716kB) | Preview
3.NIM 1172171013_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
4.NIM 1172171013_KATA PENGANTAR DAN UCAPAN TERIMAKASIH.pdf - Published Version
Download (497kB) | Preview
5.NIM 1172171013_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
6.NIM 1172171013_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
7.NIM 1172171013_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
8.NIM 1172171013_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
9.NIM 1172171013_BAB I.pdf - Published Version
Download (574kB) | Preview
13.NIM 1172171013_BAB V.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
14.NIM 1172171013_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (360kB) | Preview
Abstract
Permainan tradisional marsitekka merupakan salah satu permainan tradisional yang sudah ada dari generasi ke generasi,dimana masyarakat yang pernah memainkan permainan ini, memiliki pandangan akan permainan tersebut dengan itu Adapun rumusan masalah dalam peneliian ini yaitu seberapa baik persepsi masyarakat terhadap permainan tradisional marsitekka. Untuk itu Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap permainan tradisional marsitekka di kelurahan Gonting Garoga. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah 80 kepala keluarga dari 3 desa di kelurahan Gonting Garoga. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi, kemudian data dianalisis dengan menggunakan Teknik analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran persepsi masyarakat terhadap permainan tradisional marsitekka yaitu baik, dimana dari rata-rata presentase ketiga aspek persepsi berada pada presentase 70% (Baik), Kognisi dengan hasil 70,75% (Baik), Konasi dengan hasil 72,75% (Baik) dan afeksi dengan hasil 68,88% (Baik) hal ini disesuai dengan yang disampaikan Arikunto 2013 bahwasanya kategori 51-75% berada pada kategori baik. Kemudian dengan ini dapat dikatakan persepsi masyarakat berada pada kategori Baik. kemudian dapat disimpulkan dari jawaban masyarakat yang mengatakan mereka merasa senang jika permainan marsitekka dimainkan oleh anak anak sekarang ketimbang anak-anak bermain smartphone selain itu melalui permainan marsitekka bisa melatih motorik dan belajar berhitung pada anak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Persepsi; Masyarakat; Permainan Tradisional; Marsitekka |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1199 Games and amusements G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1199 Games and amusements > GV1203 Children's games and amusements L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 30 Aug 2022 02:20 |
Last Modified: | 30 Aug 2022 02:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47525 |