Rambe, Niken Fifriani (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Kontekstual Menggunakan Powtoon Pada Tema 8 Subtema 1 Kelas IV SD Negeri 060873 Medan Timur T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1183311015 COVER.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
2. NIM. 1183311015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (773kB) | Preview
3. NIM. 1183311015 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (455kB) | Preview
4. NIM. 1183311015 PREFACE.pdf - Published Version
Download (427kB) | Preview
5. NIM. 1183311015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (361kB) | Preview
6. NIM. 1183311015 TABLES.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
7. NIM. 1183311015 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
8. NIM. 1183311015 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
9. NIM. 1183311015 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (667kB) | Preview
13. NIM. 1183311015 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (386kB) | Preview
14. NIM. 1183311015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kelayakan, praktikalitas dan keefektifan media pembelajaran video animasi berbasis kontekstual menggunakan powtoon pada tema 8 subtema 1 kelas IV SD Negeri 060873 Medan Timur T.A 2021/2022. Tujuan Penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui Kelayakan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Kontekstual Menggunakan Powtoon Pada Tema 8 Subtema 1 Kelas IV SD Negeri 060873 Medan Timur T.A 2021/2022, (2) Mengetahui Praktikalitas Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Kontekstual Menggunakan Powtoon Pada Tema 8 Subtema 1 Kelas IV SD Negeri 060873 Medan Timur T.A 2021/2022, dan (3) Mengetahui Keefektifan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Kontekstual Menggunakan Powtoon Pada Tema 8 Subtema 1 Kelas IV SD Negeri 060873 Medan Timur T.A 2021/2022. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan prosedur model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Hasil penelitian menunjukkan media pembelajaran berbasis kontekstual menggunakan powtoon pada tema 8 subtema 1 kelas IV SD Negeri 060873 Medan Timur T.A 2021/2022 bahwa: (1) Kelayakan media oleh validasi ahli materi memperoleh persentase awal 71% menjadi 94% dengan kategori “Sangat Layak”. Hasil validasi oleh ahli media memperoleh persentase 98% dengan kategori “Sangat Layak”. (2) Kepraktisan media oleh praktisi pendidikan (guru) kelas IV B SD Negeri 060873 Medan Timur memperoleh persentase 94,6% tergolong dalam kategori “Sangat Praktis”. (3) Uji keefektifan menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran berbasis kontekstual. Rata-rata hasil pre-test diperoleh sebesar 44,79 sedangkan rata-rata hasil post-test diperoleh sebesar 84,37 terjadi peningkatan sebesar 39,58. Berdasarkan penjelasan di atas maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis kontekstual menggunakan powtoon pada tema 8 subtema 1 sangat layak, sangat praktis dan efektif digunakan untuk pembelajaran kelas IV SD Negeri 060873 Medan Timur T.A 2021/2022.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran;Kontekstual;Powtoon |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 06 Sep 2022 01:42 |
Last Modified: | 06 Sep 2022 01:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47517 |