Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di SMK Negeri 1 Air Putih

Suyono, Agus (2022) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di SMK Negeri 1 Air Putih. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM  8214071007 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8214071007 COVER.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM  8214071007 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 8214071007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM  8214071007 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 8214071007 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM  8214071007 ACKNOWLEDGEMENT.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8214071007 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM  8214071007 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8214071007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM  8214071007 LIST OF TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8214071007 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM  8214071007 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8214071007 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM  8214071007 LIST OF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8214071007 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM  8214071007 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 8214071007 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM  8214071007 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 8214071007 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM  8214071007 REFERENCES.pdf]
Preview
Text
14. NIM 8214071007 REFERENCES.pdf - Published Version

Download (357kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) tingkat validitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan melalui Pendekatan Matematika Realistik, 2) kepraktisan perangkat pembelajaran yang dikembangkan melalui Pendekatan Matematika Realistik, 3) keefektifan perangkat pembelajaran yang dikembangkan melalui Pendekatan Matematika Realistik, dan 4) menganalisis peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan melalui Pendekatan Matematika Realistik. Adapun produk yang dihasilkan berupa: rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar kegiatan siswa, dan buku siswa. Pengembangan Perangkat Pembelajaran berbasis PMR dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan 4-D Thiagarajan dengan 4 tahapan yaitu define, design, develop, dan disseminate. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X RPL-1 dan X RPL-2 di SMK Negeri 1 Air Putih tahun ajaran 2020/2021. Objek dalam penelitian ini adalah perangkat pembelajaran matematika SMK Kelas X yang dikembangkan. Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh: 1) Perangkat pembelajaran berorientasi pendekatan matematika realistik yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, ditinjau dari: a) isi, dan b) konstruk, 2) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria praktis, ditinjau dari: a) penilaian validator, b) wawancara respon siswa dan guru, c) keterlaksanaan perangkat pembelajaran, 3) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria efektif, ditinjau dari: a) hasil belajar klasikal, b) aktivitas siswa, dan d) respon positif siswa, dan 4) Kemampuan pemecahan masalah siswa pada uji coba II meningkat dengan kategori sedang.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.72 Suy p
Keywords: Pengembangan, Perangkat Pembelajaran, Pendekatan Matematika Realistis; Model Pengembangan 4-D Thiagarajan; Kemampuan Pemecahan Masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 19 Aug 2022 03:06
Last Modified: 19 Aug 2022 03:06
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47470

Actions (login required)

View Item
View Item