Wibowo, Rohmad Ari (2022) Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Discovery Learning Berbantuan Geogebra Applet Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Masters thesis, UNIMED.
1.NIM. 8196172023.ROHMAD ARI WIBOWO.COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2.NIM. 8196172023.ROHMAD ARI WIBOWO.Pengesahan.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
3.NIM. 8196172023.ROHMAD ARI WIBOWO.ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
4.NIM. 8196172023.ROHMAD ARI WIBOWO.KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
5.NIM. 8196172023.ROHMAD ARI WIBOWO.DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
6.NIM. 8196172023.ROHMAD ARI WIBOWO.DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
7.NIM. 8196172023.ROHMAD ARI WIBOWO.DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
8.NIM. 8196172023.ROHMAD ARI WIBOWO.BAB 1.pdf - Published Version
Download (578kB) | Preview
12.NIM. 8196172023.ROHMAD ARI WIBOWO.BAB 5.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
13.NIM. 8196172023.ROHMAD ARI WIBOWO.Daftar pustaka.pdf - Published Version
Download (363kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan model pembelajaran berbasis discovery learning berbantuan geogebra applet yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif; 2) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kreatif dengan menggunakan model pembelajaran berbasis discovery learning berbantuan geogebra applet yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilakukan dalam empat tahap. Model pembelajaran yang dihasilkan pada penelitian ini adalah Model Pembelajaran Berbasis Discovery Learning Berbantuan Geogebra Applet (PB – DLGA). Sedangkan perangkat yang dihasilkan pada penelitian ini adalah RPP, Modul Digital, dan TKBK (Tes Kemampuan Berpikir Kreatif). Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh: 1) Model pembelajaran berbasis discovery learning berbantuan geogebra applet yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif ditinjau dari kriteria masing – masing; 2) Terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis discovery learning berbantuan geogebra applet yang dikembangkan pada uji coba I memperoleh rata – rata nilai preetest 57,12 dan nilai posttest 74,72 dan meningkat pada uji coba II dengan rata – rata nilai preetest 52,6 dan nilai posttest 80,4. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar guru matematika mengupayakan pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran berbasis discovery learning berbantuan geogebra applet yang dikembangkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 516.154.028 507 2 Wib p |
Keywords: | pengembangan model pembelajaran, model plomp, discovery learning berbantuan geogebra applet; kemampuan berpikir kreatif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 19 Aug 2022 02:52 |
Last Modified: | 19 Aug 2022 02:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47467 |