Aria, Rizki (2022) Pengembangan Buku Ajar Berbasis Literasi Sains pada Materi Ekosistem untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA di Kelas V SDN 101783 Saentis Kabupaten Deli Serdang. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8206181009 COVER.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
2. NIM 8206181009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 8206181009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4. NIM 8206181009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
5. NIM 8206181009 CONTENTS.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
6. NIM 8206181009 TABLES.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
7. NIM 8206181009 PICTURES.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
8. NIM 8206181009 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
9 NIM 8206181009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (409kB) | Preview
13. NIM 8206181009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
14. NIM 8206181009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini untuk mengembangkan buku ajar berbasis literasi sains, menguji kelayakan, serta efektifitasnya. Pengembangan buku ajar menggunakan prosedur pengembangan model 4-D (Four-D model). Instrumen pengumpulan data berupa lembar penilaian untuk ahli materi, ahli media, ahli desain pembelajaran, lembar angket respon siswa, dan tes hasil belajar. Metode yang digunakan dalam menganalisis data yaitu dengan menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dan menggunakan persentasi. Hasil dari pengembangan produk berbentuk buku ajar yang telah divalidasi oleh ahli materi memperoleh hasil 88,74% dengan kategori sangat baik, ahli media memperoleh hasil 96,12% dengan kategori sangat baik, ahli desain pembelajaran memperoleh hasil 94,79% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil validasi ahli tersebut dapat dikatakan bahwa produk buku ajar yang dikembangkan dinyatakan layak untuk digunakan. Hasil ketuntasan belajar siswa pada pre-test dan post-test memiliki perbedaan. Pada saat post-test nilai ketuntasan hasil belajar siswa mempunyai nilai 0,5523 < 2,0244. Hal ini menunjukkan bahwa buku ajar berbasis literasi sains lebih efektif dari pada buku teks yang biasa digunakan
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 632,507 2 Ari p |
Keywords: | Buku Ajar; Literasi Sains; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QH Natural history Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH501 Life |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 18 Aug 2022 10:25 |
Last Modified: | 18 Aug 2022 10:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47454 |