Wibowo, Agung (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Kontekstual Learning Mata Pelajaran PKn Siswa Kelas V SDN 250/ VI Sinar Gading II. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8214081008 COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM 8214081008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
3. NIM 8214081008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
4. NIM 8214081008 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
5. NIM 8214081008 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
6. NIM 8214081008 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
7. NIM 8214081008 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM 8214081008 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
9. NIM 8214081008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (456kB) | Preview
13. NIM 8214081008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
14. NIM 8214081008 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (448kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis kontekstual learning pada mata pelajaran PKn di SD Negara 250/VI Sinar Gading II materi hak dan kewajiban digunakan sebagai alat pendukung pendidikan agar lebih efisien serta efesien. Media pembelajaran interaktif ini dibuat berbantukan articulate storyline dengan mengombinasikan berbagai ragam obyek, yaitu teks, gambar, animasi, audio-video, serta tombol interaktif. Media akan diuji guna mengetahui kelayakan, kepraktisan serta efektifitas media pendidikan interaktif. Riset ini ialah riset pengembangan (Reseach and Development). Model pengembangan yang digunakan merupakan model Akker. Sesi riset pengembangan meliputi (1) Problem, (2) analisis, (3) desain serta pengembangan media, serta (4) Penilaian (validasi, kepraktisan, serta efektifitas) media. Metode pengumpulan informasi yang digunakan merupakan memakai uji serta nontes yang dianalisis secara mixed methode buat mengenali pengembangan, mengukur validitas, kepraktisan serta efektifitas media memakai tata cara kuantitatif dalam menganalisis dalam wujud pengukuran serta tata cara kualitatif buat mendiskripsikan analisis secara naratif. Hasil penelitian diperoleh (1) validasi pakar materi pada aspek kelayakan media diperoleh rata-rata nilai 3,65 dengan kategori valid, (2) hasil penilaian pakar media diperoleh rata-rata nilai 3,80 dengan kategori layak, (3) hasil evaluasi validasi pakar desain instrusional dengan rata-rata nilai 3.86 dengan kategori baik, (4) uji kepraktisan oleh guru/praktisi diperoleh rata-rata nilai 3,40 dengan kategori praktis, serta (5) hasil belajar siswa menunjukkan kenaikan diperoleh uji skor N – gain dengan rata-rata nilai 0,563 dengan kategori sedang dan pada tafsiran kategori cukup efektif, dengan persentase 56,3%. Kesimpulan Media pendidikan interaktif berbasis kontekstual valid, layak, mudah, serta efektif digunakan dalam proses pembelajaran PKn materi hak, kewajiban, dan tanggungjawab siswa kelas V SDN 250/VI Sinar Gading II kecamatan Tabir Selatan, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.8 Wib p |
Keywords: | Media; Pembelajaran; interaktif; kontekstual; PKn |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 18 Aug 2022 09:45 |
Last Modified: | 18 Aug 2022 09:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47449 |