Akbar, Wawan (2022) Strategi Pembelajaran Naratif Eksperensial Dalam Menumbuhkan Rasa Cinta Tanah Air Dan Kepedulian Sosial Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Di Kelas V SDN 106161 Percut Sei Tuan. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8206182012 COVER.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
2. NIM. 8206182012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
3. NIM. 8206182012 ABSTRACTS.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
4. NIM. 8206182012 ACKNOWLEDGEMENTS.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
5. NIM. 8206182012 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
6. NIM. 8206182012 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
7. NIM. 8206182012 LIST OF BAGAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 8206182012 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 8206182012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (534kB) | Preview
13. NIM. 8206182012 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
14. NIM. 8206182012 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat strategi pembelajaran naratif eksperensial dalam menumbuhkan rasa cinta tanah air dan kepedulian sosial Penelitian ini dilaksanakan di SDN 106161 Percut Sei Tuan. Waktu penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret-April 2022. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Total informan yang dibutuhkan adalah 2 guru kelas V, dan 6 orang siswa. Penentuan informan dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive sampling. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa sebenarnya : 1) kepedulian sosial siswa sudah baik sebelulm penerapan naratif eksperensial hanya saja harus ditanam lebih dalam lagi agar siswa menerapkannya kemudian hari. Karena semakin maju perteknologian akan semakin terkikis rasa peduli sosial ini. Sesudah penerapan naratif eksperensial ini rasa peduli sosial siswa semakin dipupuk karena dengan cerita biasanya imajinasi siswa akan terbentuk sehingga mereka memikirkan apa yang guru ceritakan dengan penekanan agar siswa mencontoh hal baik. 2) Untuk nilai rasa cinta tanah air, dimana siswa SDN 106161 Percut Sei Tuan menurut peneliti memiliki sikap nasionalisme yang baik tapi semasa pandemik perlu sekali rasa cinta tanah air dipupuk karena tidak ada penerapan langsung rasa cinta air yang dilakoni siswa, setelah pembelajaran dengan naratif eksperimen siswa lebih memahami kisah tokoh nasional dan hal ini memupuku rasa cinta tanah air siswa.. 3) Proses pembelajaran dengan menggunakan naratif eksperensial dilakukan sudah baik dimana respon siswa menjawab pembelajaran yang menyenangkan walau ada beberapa menyebutkan bosan tapi lebih banyak menjawab menyenangkan apalagi mereka menganggap bawa dengan bercerita dapat mengetahui bnayak hal. Respon siswa terhadap teks yang disajikan menjawab terlalu panjang dan tokoh yang diceritakan sangat kuat menunjukan sikap nasionalismenya serta kepedulian sosial. Siswa rata-rata menjawab teks sudah sangat baik. Dengan begini besar harapan peneliti dapat merespon karakter cinta tanah air dan kepedulian sosial siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.8 Akb s |
Keywords: | Naratif Eksperensial; Cinta Tanah Air; Peduli Sosial. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 18 Aug 2022 07:32 |
Last Modified: | 18 Aug 2022 07:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47436 |