Namira, Fathia (2022) Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android pada Pembelajaran Kesetimbangan Kimia. Masters thesis, UNIMED.
1. 8196142003 COVER.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
2. 8196142003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
3. 8196142003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
4. 8196142003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
5. 8196142003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
6. 8196142003 TABLES.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
7. 8196142003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
8. 8196142003 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
9. 8196142003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
13. 8196142003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
14. 8196142003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil analisis kebutuhan dan analisis media ajar pada materi kesetimbangan kimia; mengembangkan multimedia interaktif berbasis android pada materi kesetimbangan kimia yang sesuai dengan BSNP, mengetahui peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan multimedia yang dikembangkan, mengetahui tingkat motivasi belajar siswa yang dibelajarkan dengan multimedia yang dikembangkan, mengetahui pengaruh antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa, dan mengetahui respons siswa terhadap penggunaan multimedia interaktif berbasis android. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI MAN 2 Model Medan T.A 2021/2022. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Sampel penelitian terdiri dari satu kelas yaitu kelas XI MIA 2 yang terdiri dari 35 siswa. Instrumen penelitian berupa angket berdasarkan BSNP, tes objektif hasil belajar yang valid dan reliable, angket motivasi belajar serta angket respons siswa. Teknik analisis data yang digunakan uji korelasi dan uji regression linier pada aplikasi SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: guru membutuhkan media ajar sebagai tambahan untuk siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran; multimedia interaktif berbasis android pada materi kesetimbangan kimia yang telah dikembangkan memperoleh hasil validasi dengan nilai rata-rata 3,43 tergolong dalam kategori layak, terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan rata-rata N-gain sebesar 0,66 dengan kategori sedang, tingkat motivasi belajar siswa memperoleh rata-rata sebesar
82,65% dengan kategori sangat termotivasi, terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa dengan persentase sebesar 12,3%, serta respons siswa memperoleh hasil sebesar 81,25% dengan kategori sangat baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 541.307 2 Nam p |
Keywords: | multimedia interaktif; android; motivasi belajar; hasil belajar; kesetimbangan kimia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 18 Aug 2022 07:25 |
Last Modified: | 22 Aug 2022 09:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47435 |