Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Model Guided Inquiry dalam Pembelajaran Tematik di Kelas V SD Negeri 101768 Tembung T.A. 2021/2022.

Pangaribuan, Tina Indrian (2022) Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Model Guided Inquiry dalam Pembelajaran Tematik di Kelas V SD Negeri 101768 Tembung T.A. 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 1183311004_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1183311004_COVER.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1183311004_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1183311004_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1183311004_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1183311004_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1183311004_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1183311004_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1183311004_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1183311004_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1183311004_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1183311004_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1183311004_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1183311004_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1183311004_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1183311004_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 1183311004_BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 1183311004_BAB I.pdf - Published Version

Download (338kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 1183311004_BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 1183311004_BAB V.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 1183311004_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 1183311004_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan kevalidan bahan ajar interaktif berbasis model guided inquiry yang vakid dalam pembelajaran tematik
di kelas V Sekolah Dasar, (2) menghasilkan kepraktisan bahan ajar interaktif dalam pembelajaran tematik di kelas V Sekolah Dasar, dan (3) menghasilkan
keefektifan bahan ajar interaktif berbasis model guided inquiry dalam
pembelajaran tematik di kelas V Sekolah Dasar. Hal ini berdasarkan permasalahan
di sekolah, di antaranya: (1) bahan ajar yang digunakan guru hanya berupa buku
cetak, (2) pembelajaran masih bersifat konvensional sehingga siswa cenderung
pasif belajar baik di sekolah maupun di rumah, (3) model pembelajaran belum
mengarah pada pembelajaran tertentu.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and
Development) dengan menggunakan model ADDIE yaitu: analisis (analysis),
desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation),
dan evaluasi (evaluation). Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah
siswa kelas V SD Negeri 101768 Tembung. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah wawancara, kuesioner, tes, dan dokumentasi. Instrument
pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu instrument validasi, instrumen praktikalitas, dan instrument praaktikalitas. Teknik analisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar interaktif berbasis model guided inquiry yang dikembangkan dan telah divalidasi oleh validator ahli desain. Validasi tahap I memperoleh hasil persentase kelayakan sebesar 80% termasuk dalam kategori “Layak” dengan melakukan beberapa perbaikan, selanjutnya pada
tahap II memperoleh hasil persentase kelayakan sebesar 93% termasuk dalam
kategori “Sangat Layak”. Hasil dari validator ahli materi pada tahap I memperoleh hasil persentase kelayakan sebesar 71% termasuk dalam kategori layak dengan melakukan beberapa perbaikan, kemudian pada tahap II memperoleh persentase kelayakan sebesar 94% termasuk dalam kategori “Sangat Layak”. Pada uji coba produk di lapangan tingkat kepraktisan produk memperoleh rata-rata persentase 94% termasuk dalam kategori “Sangat Praktis”. Berdasarkan hasil evaluasi soal, diperoleh nilai rata-rata 83,6% dengan ketuntasan klasikal 86,66%. Dengan demikian, penggunaan bahan ajar interaktif berbasis guided inquiry dalam pembelajaran tematik sudah efektif digunakan di kelas V SD. Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa bahan ajar interaktif berbasis model guided inquiry dalam pembelajaran tematik di kelas V SD layak digunakan oleh siswa saat pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Bahan Ajar Interaktif; Guided Inquiry; Sekolah Dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 06 Sep 2022 01:43
Last Modified: 06 Sep 2022 01:43
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47415

Actions (login required)

View Item
View Item