Effendi, Syalina (2022) Pengembangan LKPD Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Tema 5 Subtema 2 Pahlawanku Kebanggaanku Kelas IV SD PAB 23 Patumbak T.A. 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 1182111016 COVER.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
2. NIM 1182111016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (538kB) | Preview
3. NIM 1182111016 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
4. NIM 1182111016 PREFACE.pdf - Published Version
Download (489kB) | Preview
5. NIM 1182111016 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
6. NIM 1182111016 TABLES.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
7. NIM 1182111016 ILLUSTRATIONS.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
8. NIM 1182111016 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
9. NIM 1182111016 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (538kB) | Preview
13. NIM 1182111016 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (323kB) | Preview
14. NIM 1182111016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (381kB) | Preview
Abstract
Pembelajaran tematik yang ideal harus didukung oleh bahan ajar yang dapat
mendukung proses belajar yang aktif dan menyenangkan. Berdasarkan hasil
observasi di SD PAB 23 Patumbak, diperoleh beberapa fakta yaitu pembelajaran
tatap muka tidak menggunakan bahan ajar, pembelajaran berpusat pada guru,
buku tematik sebagai satu-satunya sumber belajar siswa, LKPD yang sudah
pernah dikembangkan oleh guru hanya berisi soal-soal pada buku tematik,
sehingga perlu dilakukan pengembangan LKPD sebagai bahan ajar yang
membantu dan mempermudah dalam kegiatan belajar mengajar sehingga
terbentuk interaksi efektif antara peserta didik dengan pendidik. Tujuan penelitian
ini untuk mengembangkan LKPD Berbasis Pendekatan Saintifik yang valid;
mengetahui kepraktisan; serta mengetahui keefektifan LKPD Berbasis Pendekatan
Saintifik pada Tema 5 Subtema 2 Pahlawanku Kebanggaanku Kelas IV SD PAB
23 Patumbak T.A. 2021/2022.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian R & D (Research and
Development), dengan menggunakan model penelitian 4D yang terdiri dari 4
tahap pengembangan yaitu: 1. Pendefinisian (define), 2. Perancangan (design), 3.
Pengembangan (development), 4. Penyebaran (Disseminate). Subjek penelitian ini
yaitu 33 orang siswa kelas IV SD. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan
cara wawancara, angket, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Teknik analisis data
menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD Berbasis Pendekatan Saintifik
pada Tema 5 Subtema 2 Pahlawanku Kebanggaanku tergolong “Sangat Layak”
untuk digunakan sebagai bahan ajar di kelas IV Sekolah Dasar. Telah terbukti dari
hasil validasi ahli materi yang memperoleh 92% kategori “Sangat Layak”, dan
hasil validasi ahli desain yang memperoleh 98% kategori “Sangat Layak”. Hasil
perolehan nilai dari ahli praktisi (guru) sebesar 93% kategori “Sangat Praktis”,
kemudian memperoleh 90,4% kategori “Sangat baik” dari respon peserta didik. Selanjutnya, diperoleh hasil belajar siswa pada saat menggunakan LKPD berbasis
pendekatan saintifik, dengan perolehan nilai pretest 23% meningkat pada nilai posttes sebesar 86%. Simpulan dari penelitian ini yaitu LKPD berbasis pendekatan saintifik yang dikembangkan termasuk bahan ajar yang valid, praktis, dan efektif. Pegembangan LKPD berbasis pendekatan Saintifik telah memberikan solusi dan kebermanfaatan kepada siswa SD kelas IV maupun guru di SD PAB 23 Patumbak. LKPD yang ideal akan membantu guru dalam melaksanakan kegiatan mengajar di kelas dan siswa juga akan merasakan pembelajaran yang bermakna,serta pembelajaran akan terasa lebih aktif, efektif, dan menyenangkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | LKPD; Pendekatan Saintifik; Pahlawanku Kebanggaanku |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 06 Sep 2022 01:44 |
Last Modified: | 06 Sep 2022 01:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47397 |