Ritonga, Henni Walinda (2022) Pengembangan Video Animasi Berbasis Microsoft Powerpoint Pada Subtema 1 Di Kelas IV MIS Silaturrahim Tegal Sari III Kecamatan Medan Area Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM.1173111037_COVER.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
2.NIM.1173111037_LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (774kB) | Preview
3.NIM.117311107_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
4.NIM.1173111037_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (404kB) | Preview
5.NIM.1173111037_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
6.NIM.1173111037_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
7.NIM1173111037_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
8.NIM1173111037_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
9.NIM.1173111037_BAB I.pdf - Published Version
Download (594kB) | Preview
13.NIM.1173111037.BAB V.pdf - Published Version
Download (375kB) | Preview
14.NIM.1173111037_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (476kB) | Preview
Abstract
Sebuah penelitian dilaksanakan karena memiliki latar belakang masalah dan tujuan yang ingin dicapai. Adapun yang menjadi latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah metode mengajar yang masih konvensional dan kurangnya penggunaan teknologi dan media yang beravariatif sehingga membuat siswa mudah merasa bosan saat melaksanakan kegiatan belajar mengajr di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui kelayakan media pembelajaran dan keefektivitasan media pembelajaran video animasi berbasis Micrososft Powerpoint yang dikembangkan oleh peneliti. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian Research & Development (R&D) dengan model 4D oleh Thiagarajan yang mempunyai 4 tahapan yaitu : 1) Tahap Define, 2) Tahap Design, 3) Tahap Development, 4) Tahap Disseminate. Instrumen pnelitian yang digunakan adalah angket dan tes. Angket ditujukan kepada validator ahli media dan validator ahli materi. Sedangkan test diuji cobakan kepada siswa kelas IV yang berjumlah 30 orang. Hasil produk dari penelitian ini adalah video animasi berbasis Microsoft Powerpoint yang telah divalidasi oleh ahli media dan ahli materi. Hasil penilaian dari ahli media sebesar 96% dengan kriteria “Sangat Layak”. Hasil validasi dari ahli materi I memiliki skor sebesar 94% dengan kategori “Sangat Layak”. Untuk hasil test siswa pada pretest yang dilakukan memiliki nilai persentase sebesar 47,1%, kemudian pada hasil uji posttest persentase yang dimiliki sebesar 81,2%. Dari situasi dapat dijelaskan bahwa terjadi peningkat hasil belajar siswa setelah menggunakan bantuan media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-PGSD-042 |
Keywords: | Media Pembelajaran; Video Animasi; Microsoft Powerpoint |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 18 Aug 2022 03:27 |
Last Modified: | 18 Aug 2022 03:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47383 |