Maha, Rahma Nurhidayati (2022) Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Eksplanasi Bersumber dari Tafsir Alquran pada Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Persiapan Negeri 4 Medan. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8196192008 COVER.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
2. NIM 8196192008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (426kB) | Preview
3. NIM 8196192008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
4. NIM 8196192008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (376kB) | Preview
5. NIM 8196192008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
6. NIM 8196192008 TABLES.pdf - Published Version
Download (394kB) | Preview
7. NIM 8196192008 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (422kB) | Preview
8. NIM 8196192008 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (391kB) | Preview
9. NIM 8196192008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (685kB) | Preview
13. NIM 8196192008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (407kB) | Preview
14. NIM 8196192008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (551kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) proses pengembangan bahan ajar teks eksplanasi bersumber dari tafsir Alquran pada siswa kelas XI Madrasah Aliyah Persiapan Negeri 4 Medan, (2) kelayakan bahan ajar teks eksplanasi bersumber dari tafsir Alquran pada siswa kelas XI Madrasah Aliyah Persiapan Negeri 4 Medan, (3) keefektifan bahan ajar teks eksplanasi bersumber dari tafsir Alquran pada siswa kelas XI Madrasah Aliyah Persiapan Negeri 4 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan berdasarkan model pengembangan Borg and Gall. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui angket yang disebar dan tes tertulis pada siswa kelas XI. Hasil penelitian menunjukkan (1) proses pengembangan dilakukan dengan 10 tahapan. (2) kelayakan berdasarkan validasi yang diperoleh dari ahli materi dalam pengembangan modul memperoleh nilai rata-rata sebesar 89,5% dengan kriteria ‘sangat baik’ dengan didasarkan pada 3 aspek penilaian yaitu kelayakan isi, kelayakan penyajian, dan kelayakan bahasa. Kemudian dilakukan validasi oleh ahli desain dengan persentase rata-rata yang diperoleh sebesar 85,8% dengan kriteria ‘sangat baik’. Persentase keseluruhan diperoleh melalui 3 indikator penilaian yaitu ukuran fisik modul, desain sampul modul, dan desain isi modul. Penilaian yang diberikan oleh guru mata pelajaran Bahasa Indonesia persentase yang diperoleh sebesar 85,6% dengan kriteria ‘sangat baik’. Lalu pada uji coba perorangan diperoleh persentase sebesar 88,9% dengan kriteria ‘sangat baik’. Pada uji coba kelompok kecil diperoleh persentase sebesar 87,8% dengan kriteria ‘sangat baik’. Dan pada uji coba lapangan terbatas diperoleh persentase sebesar 88,31% dengan kriteria ‘sangat baik’. (3) keefektifan bahan ajar berupa modul memperoleh nilai saat pretest rata-rata sebesar 67% dengan kategori ‘Cukup’ dan perolehan nilai saat posttest rata-rata sebesar 86,4% dengan kategori “Sangat Baik’. Terlihat peningkatan nilai antara pretest dan posttest melalui selisih yang terhitung yaitu sebesar 19,4%. Sehingga keseluruhan hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar teks eksplanasi bersumber dari tafsir Alquran dinyatakan layak dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 411.072 Mah p |
Keywords: | Menulis teks; teks eksplanasi; tafsir Alquran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P118 Language acquisition P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302 Discourse analysis |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 16 Aug 2022 03:45 |
Last Modified: | 16 Aug 2022 03:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47374 |