Tamba, Wepi (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema 7 Subtema 2 di Kelas V SDN 101765 Bandar Setia T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 1183111082 COVER WEPI TAMBA.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
2. NIM 1183111082 APPROVAL SHEET WEPI TAMBA.pdf - Published Version
Download (895kB) | Preview
3. NIM 1183111082 ABSTRAK WEPI TAMBA.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
4. NIM 1183111082 KATA PENGANTAR WEPI TAMBA.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
5. NIM 1183111082 DAFTAR ISI WEPI TAMBA.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
6. NIM 1183111082 DAFTAR TABEL WEPI TAMBA.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
7. NIM 1183111082 DAFTAR GAMBAR WEPI TAMBA.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
8. NIM 1183111082 DAFTAR LAMPIRAN WEPI TAMBA.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
9. NIM 1183111082 BAB I WEPI TAMBA.pdf - Published Version
Download (434kB) | Preview
13. NIM 1183111082 BAB V WEPI TAMBA.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
14. NIM 1183111082 DAFTAR PUSTAKA WEPI TAMBA.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu guru masih menggunakan metode konvensional dalam proses pembelajaran yang mengakibatkan siswa tidak memperhatikan saat guru menjelaskan, kurangnya minat dan motivasi siswa dalam belajar, dan tidak adanya interaksi timbal balik antara siswa dan guru dan menyebabkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Sehingga dengan adanaya penelitian ini, siswa menjadi termotivasi untuk belajar dan berpartisipasi secara aktif selama proses pembelajaran yang menjadikan hasil belajar siswa meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Role Playing terhadap hasil belajar siswa pada tema 7 subtema 2 di kelas V SDN 101765 Bandar Setia T.A 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Pre-Experimental dengan menggunakan One Group Pretest-Posttest Design. Adapun populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V-B yang berjumlah 22 siswa yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Sampel dalam penilitian ini yaitu keseluruhan dari populasi dimana seluruh peserta didik dijadikan sebagai subjek penelitian. Pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menggunakan tes yang berjumlah 20 soal, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji T-Test. Hasil penelitian diperoleh : (1) Rata-rata hasil belajar Pretest sebesar 51,36 dan hasil belajar posttest sebesar 80,23. Berdasarkan analisis statistik dengan menggunakan SPSS 20, data berdistribusi normal dengan nilai Sig. Pretest 0,75 dan Sig. posttest 0,102 dimana nilai sig. yang diperoleh > 0,05. (2) Hasil uji hipotesis menunjukkan t hitung 12,159 > t tabel 2,080 dengan signifikan α 0,05 dengan db n-1 =21 dengan tingkat kepercayaan 95%. Artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran role playing yang signifikan terhadap hasil belajar siswa di kelas V SDN 101765 Bandar Setia T.A 2021/2022
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Permasalahan dalam penelitian ini yaitu guru masih menggunakan metode konvensional dalam proses pembelajaran yang mengakibatkan siswa tidak memperhatikan saat guru menjelaskan, kurangnya minat dan motivasi siswa dalam belajar, dan tidak adanya interaksi timbal balik antara siswa dan guru dan menyebabkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Sehingga dengan adanaya penelitian ini, siswa menjadi termotivasi untuk belajar dan berpartisipasi secara aktif selama proses pembelajaran yang menjadikan hasil belajar siswa meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Role Playing terhadap hasil belajar siswa pada tema 7 subtema 2 di kelas V SDN 101765 Bandar Setia T.A 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Pre-Experimental dengan menggunakan One Group Pretest-Posttest Design. Adapun populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V-B yang berjumlah 22 siswa yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Sampel dalam penilitian ini yaitu keseluruhan dari populasi dimana seluruh peserta didik dijadikan sebagai subjek penelitian. Pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menggunakan tes yang berjumlah 20 soal, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji T-Test. Hasil penelitian diperoleh : (1) Rata-rata hasil belajar Pretest sebesar 51,36 dan hasil belajar posttest sebesar 80,23. Berdasarkan analisis statistik dengan menggunakan SPSS 20, data berdistribusi normal dengan nilai Sig. Pretest 0,75 dan Sig. posttest 0,102 dimana nilai sig. yang diperoleh > 0,05. (2) Hasil uji hipotesis menunjukkan t hitung 12,159 > t tabel 2,080 dengan signifikan α 0,05 dengan db n-1 =21 dengan tingkat kepercayaan 95%. Artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran role playing yang signifikan terhadap hasil belajar siswa di kelas V SDN 101765 Bandar Setia T.A 2021/2022. Kata Kunci : Model Pembelajaran; Role Playing; Hasil Belajar; Sekolah Dasar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 15 Aug 2022 07:12 |
Last Modified: | 15 Aug 2022 07:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47344 |