Simanjuntak, Ruth Zelena (2022) Pengembangan E-Bahan Ajar Dengan Snappa Berbasis Kearifan Lokal Sumatera Utara Pada Tema 8 Sub Tema 3 Kelas 4 SD Negeri 067097 Medan Barat TA.2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 1183111056 COVER.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
2. NIM 1183111056 LEMBAR PERSETUJUAN RUTH ZELENA SIMANJUNTAK.pdf - Published Version
Download (694kB) | Preview
3. NIM 1183111056 ABSTRAK RUTH ZELENA SIMANJUNTAK.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
4. NIM 1183111056 KATA PENGANTAR RUTH ZELENA SIMANJUNTAK.pdf - Published Version
Download (474kB) | Preview
5. NIM 1183111056 DAFTAR ISI RUTH ZELENA SIMANJUNTAK.pdf - Published Version
Download (543kB) | Preview
6. NIM 1183111056 DAFTAR TABEL RUTH ZELENA SIMANJUNTAK.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
7. NIM 1183111056 DAFTAR GAMBAR RUTH ZELENA SIMANJUNTAK.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
8. NIM 1183111056 DAFTAR LAMPIRAN RUTH ZELENA SIMANJUNTAK.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
9. NIM 1183111056 BAB I RUTH ZELENA SIMANJUNTAK.pdf - Published Version
Download (550kB) | Preview
13. NIM 1183111056 BAB V RUTH ZELENA SIMANJUNTAK.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
14. NIM 1183111056 DAFTAR PUSTAKA RUTH ZELENA SIMANJUNTAK.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui validitas, praktikalitas, efektivitas E-Module dengan Snappa berbasis kearifan lokal Sumatera Utara dengan pembatasan hanya budaya pada Kota Medan yang menganut pada materinya berupa nilai religi, nilai estetika, nilai gotong royong, nilai moral dan nilai toleransi pada Tema 8 Sub Tema 3 Pembelajaran 1,2 dan 3 di kelas 4 SD Negeri 067097 Medan Barat TA. 2021/2022. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas, praktikalitas dan efektvitas E-Module dengan Snappa berbasis kearifan lokal Sumatera Utara pada Tema 8 Sub Tema 3 Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku Pembelajaran 1,2 dan 3 di kelas 4 SD Negeri 067097 Medan Barat TA. 2021/2022.
Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap pengembangan yaitu : Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 4B SD Negeri 067097 Medan Barat yang berjumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, kuesioner, dan tes.
Hasil penelitian menunjukkan : (1) Pengembangan E-Module dengan Snappa bernasis kearifan lokal Sumatera Utara ini menggunakan model pengembangan ADDIE, (2) Uji kevalidan oleh ahli materi berada pada kualifikasi sangat valid sebesar 88%, serta ahli desain berada pada kualifikasi sangat valid sebesar 95,8%, (3) Uji kepraktisan yang dilakukan oleh guru kelas 4B berada pada kualifikasi sangat praktis sebesar 91,1%, (4) Uji keefektifan menunjukkan hasil sangat efektif terlihat dari hasil belajar pre-test yang mengalami peningkatan pada hasil belajar post-test, post-test pada pembelajaran 1, 88,66% pada pembelajaran 2, 88% pada pembelajaran 3, 91,06% dan pada hasil angket sebesar 89,33% dengan kualifikasi sangat efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan, E-Module; Snappa; Kearifan Lokal Sumatera utara;Tematik |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 15 Aug 2022 07:13 |
Last Modified: | 15 Aug 2022 07:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47286 |