Saragih, Alfani Heriani (2022) Analisis Miskonsepsi Siswa Yang Memiliki Gaya Kognitif Field Dependent Pada Pembelajaran Matematika Materi Kubus Dan Balok Di Kelas V SD Negeri 067258 Medan Amplas T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1181111026 COVER.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
2. NIM. 1181111026 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
3. NIM. 1181111026 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
4. NIM. 1181111026 PREFACE.pdf - Published Version
Download (653kB) | Preview
5. NIM. 1181111026 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
6. NIM. 1181111026 TABLES.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
7. NIM. 1181111026 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
8. NIM. 1181111026 CHART.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
9. NIM. 1181111026 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
10. NIM. 1181111026 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (722kB) | Preview
14. NIM. 1181111026 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
15. NIM. 1181111026 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (479kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui miskonsepsi yang dihadapi siswa terkait konsep pada materi volume kubus dan balok di kelas V-A SD Negeri 067258 Medan Amplas dan (2) untuk mengetahui faktor yang menyebabkan miskonsepsi terkait konsep pada materi volume kubus dan balok di kelas V-A SD Negeri 067258 Medan Amplas. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas V-A yang berjumlah 26 orang. Data dikumpulkan dengan memberikan dua tes, yaitu tes GEFT dan tes CRI. Serta dilengkapi dengan melakukan wawancara kepada siswa, setelah siswa menjawab tes CRI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terdapat 23 orang siswa kelas V-A yang memiliki gaya kognitif field dependent. Yang kemudian diberikan tes CRI untuk mengetahui miskonsepsi yang dialami. Maka, dari hasil tes CRI dan wawancara menunjukkan persentase miskonsepsi pada materi volume kubus dan balok cukup besar yaitu 88%. Jenis miskonsepsi yang ditemukan adalah miskonsepsi hitung dan dan miskonsepsi sistematik. Beberapa penyebab miskonsepsi yang ditemukan antaranya, (1) siswa tidak memahami operasi hitung matematika dengan baik, (2) siswa tidak dapat memahami soal dengan baik, (3) siswa tidak mengulang pembelajaran dirumah. Serta, solusi untuk mengatasi miskonsepsi adalah dengan menjelaskan materi secara detail atau menggunakan media yang konkret (nyata).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-PGSD-037 |
Keywords: | Miskonsepsi; Field Dependent; GEFT; CRI; Kubus dan Balok |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 09 Aug 2022 06:56 |
Last Modified: | 09 Aug 2022 06:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47278 |