Siregar, Mutiah (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Rolling Ball Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika Kelas IV SD Negeri 200507 Padangsidimpuan T.A.2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1183111054_COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. NIM. 1183111054_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
3. NIM. 1183111054_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (329kB) | Preview
4. NIM. 1183111054_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
5. NIM. 1183111054_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
6. NIM. 1183111054_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
7. NIM. 1183111054_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 1183111054_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM. 1183111054_BAB I.pdf - Published Version
Download (620kB) | Preview
13. NIM. 1183111054_BAB V.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
14. NIM. 1183111054_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
Abstract
Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan
penelitian untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh positif dari model
pembelajaran Talking Stick berbantuan Media Rolling Ball terhadap hasil belajar
matematika siswa kelas IV di SD Negeri 200507 Padangsidimpuan. Penelitian
yang digunakan merupakan penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian Quasi
Eksperiment. Sampel penelitian ini kelas IV-A sebagai kelas eksperimen dan
kelas IV-B sebagai kelas kontrol berjumlah 43 siswa. Instrumen atau teknik
pengumpulan data penelitian yaitu tes hasil belajar pilihan berganda sebanyak 30
soal yang telah diuji validitasnya, dari hasil perhitungan tes hasil belajar ada 25
soal valid dan 5 soal tidak valid. Reliabilitas soal 0,88 dinyatakan reliabel dengan
kategori reliabilitas sangat tinggi. Tingkat kesukaran soal didapat 21 soal dengan
kategori sedang dan 9 soal dengan kategori susah, daya pembeda soal didapat 17
soal dikategorikan baik, 8 soal dikategorikan cukup, dan 5 soal dikategorikan
jelek. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas,
dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus “t”. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa hasil belajar siswa pada pelajaran matematika meningkat dengan model
pembelajaran Talking Stick berbantuan media Rolling Ball pretest sebesar 47,80
dan posttest sebesar 81,14. Dilihat juga dari hasil pengamatan selama proses
pembelajaran, kelas eksperimen memperoleh persentase 85,8% dan rata-rata 10,38
dengan kategori sangat baik. Berdasarkan prasyarat yang diujikan terlebih dahulu
yaitu data normal dan homogen. Dari hasil uji normalitas diperoleh hasil Ltabel
Lhitung yaitu 0, 186 0,111 pada kelas eksperimen, dan pada kelas kontrol hasil
Ltabel Lhitung yaitu 0, 186 0,155. Maka dapat disimpulkan bahwa semua data
berdistribusi normal. Dari data uji homogenitas semua data memiliki data yang
homogen sesuai perhitungan yang telah dilakukan, Ftabel Fhitung yaitu 1,15
2,12 pada pretest kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol Ftabel Fhitung yaitu 1,01 2,10. Hasil pengujian hipotesis pada taraf nyata α = 0,05 yang diperoleh bahwa thitung ttabel yaitu 4,70 1,679. Hal ini berarti hipotesis dalam penelitian ini diterima dan dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari penggunaan model pembelajaran Talking Stick berbantuan media Rolling Ball terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas IV di SD Negeri 200507 Padangsidimpuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Talking Stick Berbantuan Media Rolling Ball; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 15 Aug 2022 07:14 |
Last Modified: | 15 Aug 2022 07:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47264 |