Hasibuan, Sri Indrayani (2021) Pengembangan Bahan Ajar Matematika Materi Pecahan Berbasis Problem Solving Menggunakan Aplikasi Adobe Flash Kelas IV SDN 0412 Hapung, Kecamatan Ulu Sosa Kabupaten Padan Lawas T.A 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1173311129_COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 1173311129_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
3. NIM. 1173311129_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
4. NIM. 1173311129_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
5. NIM. 1173311129_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
6. NIM. 1173311129_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 1173311129_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 1173311129_DAFTAR BAGAN.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
9. NIM. 1173311129_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
10. NIM. 1173311129_BAB I.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
14. NIM. 1173311129_BAB V.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
15. NIM. 1173311129_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Validitas, Praktikalitas, Efektivitas Bahan ajar Adobe flash berbasis Problem Solving Materi Pecahan kelas IV SDN 0412 Hapung, Kecamatan Ulu Sosa, Kabupaten Padang Lawas. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model dan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evalution). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan Bahan Ajar matematika materi pecahan berbasis problem solving menggunakan Aplikasi Adobe Flash yang telah dikembangkan telah divalidasi oleh ahli materi hasil dengan nilai rata-rata 4,5 dengan kategori “sangat baik”, dengan total persenan 90 % kategori “ sangat layak”. Kemudia di Validasi oleh Ahli Desain dengan nilai rata-rata 4,52 Kategori “sangat layak” dan dengan total 91% dalam kategori ” sangat layak”. Selanjutnya hasil yang diperoleh dari praktikalitas memperoleh skor 92% tergolong sangat praktis memperoleh skor aspek media 23 dan dikali seratus yaitu 23:25 x 100= 92%. yang kedua aspek penyajian materi yang memperoleh 96% sangat praktis yang diperoleh skor 24 kemudian hasil yang diperoleh dibagi dengan point aspek pemyaji materi dan dikali seratus yaitu 24:25 x 100= 96%. Total praktikalitas keseluruhan adalah 92% dengan demikian menunjjukan bahwa media pembelajaran materi pecahan adobe flash berbasis problem solving dikategorikan “sangat praktis”. Dan selanjutnya Hasil Efektivitas Bahan Ajar yang telah diuji coba dengan menggunakan soal pilihan berganda dapat melihat peningkatan hasil belajar peserta didik . Berdasarkan hasil belajar masing-masing sebelum dan sesudah menggunakan Bahan Ajar Matematika materi pecahan Berbasis Problem Solving Menggunakan Aplikasi Adobe Flash rata-rata yang dapat diperoleh Rata-rata 92,00 termasuk dalam kategori “baik sekali” serta diperoleh kriteria “Tuntas”. Maka dapat di sampaikan bahwa bahan ajar maetmatika materi pecahan berbasis problem solving menggunakan Aplikasi Adobe flash kelas IV SDN 0412 Hapung, Kecamatan Ulu Sosa, Kabupaten Padang Lawas layak digunakan oleh siswa saat proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-PGSD-002 |
Keywords: | Bahan Ajar; Adobe Flah Berbasis Problem solving |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LT Textbooks |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 03 Aug 2022 07:47 |
Last Modified: | 03 Aug 2022 07:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47180 |