Sembiring, Eka Demikha Br (2021) Pengembangan Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran Perawatan Tangan dan Kaki Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Beringin. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5142144001 JUDUL.pdf - Published Version
Download (366kB) | Preview
2. NIM. 5142144001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 5142144001 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (431kB) | Preview
4. NIM. 5142144001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (674kB) | Preview
5. NIM. 5142144001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (639kB) | Preview
6. NIM. 5142144001 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
7. NIM. 5142144001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (362kB) | Preview
8. NIM. 5142144001 BAB I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
12. NIM. 5142144001 BAB V.pdf - Published Version
Download (699kB) | Preview
13. NIM. 5142144001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (362kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini berjudul Pengembangan Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran Perawatan Tangan Dan Kaki Pada Siswa Kelas XI Tata Kecantikan SMK Negeri 1 Beringin”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran perawatan tangan dan kaki dalam materi nail art siswa kelas XI Tata Kecantikan di SMK Negeri 1 Beringin. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan angket atau kuisioner. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah pengembangan media pembelajaran menggunakan Audio visual pada mata pelajaran perawatan tangan dan kaki, subjek penelitian dalam penelitian ini adalah tiga ahli materi (Validator materi) dan tiga ahli media (Validator media)
Hasil lembar validasi dinilai oleh tiga orang ahli media yang memberikan penilaian dengan skor rata-rata 92,94 dengan kriteria “sangat baik” sehingga media layak digunakan karena tampilan media menciptakan pembelajaran yang interaktif. Kemudian ahli materi memberikan penilaian dengan skor rata-rata 87,9 dengan kriteria “baik” sehingga media layak digunakan pada proses pembelajaran karena materi pada media sudah sesuai dengan kurikulum, silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar.
Hasil penelitian menunjukkan dari ahli media pengembangan media visual pada mata pelajaran perawatan tangan dan kaki berdasarkan dua aspek yaitu. Aspek kelayakan isi (93,37), aspek penyajian (92,50). Secara keseluruhan aspek tersebut termasuk dalam kriteria “ Sangat Baik. Hasil analisis data yang dilakukan, dinyatakan bahwa media pembelajaran dengan menggunakan media audio visual pada mata pelajaran perawatan tangan dan kaki dalam materi nail art termasuk dalam kriteria sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Simpulannya yaitu media pembelajaran menggunakan audio visual yang di kembangkan layak digunakan pada mata pelajaran perawatan tangan dan kaki dalam materi nail art pada siswa kelas XI Tata Kecantikan SMK Negeri 1 Beringin. Saran dari peneliti untuk siswa agar menggunakan Media audio visual dapat lebih tertarik dalam mengikuti pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Audio Visual, Perawatan Tangan dan Kaki |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education T Technology > T Technology (General) T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 03 Aug 2022 07:15 |
Last Modified: | 03 Aug 2022 07:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47173 |