Chairi, Ummul (2021) Analisis Kesulitan Belajar Daring pada Mata Pelajaran Pengetahuan Bahan Makanan Di SMK Negeri 1 Pantai Labu. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5161142020 COVER.pdf - Published Version
Download (360kB) | Preview
2. NIM. 5161142020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 5161142020 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (781kB) | Preview
4. NIM.5161142020 PREFACE.pdf - Published Version
Download (844kB) | Preview
5. NIM. 5161142020 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (461kB) | Preview
6. NIM. 5161142020 TABLE OF TABLE.pdf - Published Version
Download (457kB) | Preview
7. NIM. 5161142020 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (456kB) | Preview
8. NIM. 5161142020 TABLE OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (457kB) | Preview
9. NIM. 5161142020 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM. 5161142020 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (736kB) | Preview
14. NIM. 5161142020 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui faktor internal kesulitan belajar daring pada mata pelajaran pengetahuan bahan makanan di SMK Negeri 1 Pantai Labu meliputi motivasi, minat, dan kesehatan fisik, 2) Mengetahui faktor eksternal kesulitan belajar daring pada mata pelajaran pengetahuan bahan makanan di SMK Negeri 1 Pantai Labu meliputi faktor sekolah, faktor keluarga, dan faktor lingkungan sosial. Desain penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.Lokasi penelitian di SMK Negeri 1 Pantai Labu.Penelitian ini dilakukan pada bulan April- Juni 2021. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X tata boga SMK Negeri 1 Pantai Labu. Teknik pengambilan sampel angket menggunakan teknik total samplingsebanyak 36 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase dan uji kecenderungan. Berdasarkan hasil penelitian kesulitan belajar daring berdasarkan faktor internal meliputi motivasi, minat, dan kesehatan fisik termasuk kategori tinggi dengan nilai 88,9 persen, kesulitan belajar daring pada faktor internal dipengaruhi oleh kesulitan belajar siswa secara mandiri, siswa kesulitan memahami materi belajar daring, dan siswa merasa kelelahan dengan tugas yang diberikan guru secara daring. Kesulitan belajar daring berdasarkan faktor eksternal meliputi faktor sekolah, faktor keluarga, dan faktor lingkungan sosial termasuk kategori cukup dengan nilai 52,8 persen, kesulitan belajar daring pada faktor eksternal dipengaruhi oleh penggunaan media yang tidak maksimal selama pembelajaran daring, siswa tidak mendapatkan kuota internet dari sekolah, kesulitan mendapatkan sinyal, serta keadaan ekonomi keluarga yang tidak mendukung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kesulitan Belajar Daring, Pengetahuan Bahan Makanan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology T Technology > TX Home economics > TX341 Nutrition. Foods and food supply |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 03 Aug 2022 04:51 |
Last Modified: | 03 Aug 2022 04:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47170 |