Maghfirah, Nadya (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Explicit Instruction Terhadap Hasil Belajar Costume Made Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 3 Tebing Tinggi. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5141141009 JUDUL.pdf - Published Version
Download (383kB) | Preview
2. NIM. 5141141009 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 5141141009 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (367kB) | Preview
4. NIM. 5141141009 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (618kB) | Preview
5. NIM. 5141141009 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (643kB) | Preview
6. NIM. 5141141009 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (365kB) | Preview
7. NIM. 5141141009 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (362kB) | Preview
8. NIM. 5141141009 DAFTAR BAGAN.pdf - Published Version
Download (358kB) | Preview
9. NIM. 5141141009 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (362kB) | Preview
10. NIM. 5141141009 BAB I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
14. NIM. 5141141009 BAB V.pdf - Published Version
Download (430kB) | Preview
15. NIM. 5141141009 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (637kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui hasil pembuatan pola kebaya yang diajarkan dengan model Explicit Instruction pada siswa kelas XI SMK Negeri 3 Tebing Tinggi. 2) Untuk mengetahui hasil pembuatan pola kebaya yang diajarkan tanpa model Explicit Instruction pada siswa kelas XI SMK Negeri 3 Tebing Tinggi. 3) Untuk mengetahui pengaruh model Explicit Instruction terhadap hasil belajar pembuatan pola kebaya siswa kelas XI SMK Negeri 3 Tebing Tinggi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Tata Busana SMK Negeri 3 Tebing Tinggi tahun ajaran 2020/2021, sebanyak dua kelas dengan jumlah 68 siswa dimana setiap kelas dibagi menjadi dua gelombang. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling yaitu sampel merupakan seluruh populasi kelas XI Tata Busana. Teknik pengumpulan data untuk mengukur hasil belajar membuat pola kebaya dalam penelitian ini menggunakan lembar pengamatan pada hasil membuat pola kebaya. Teknik analisa data melalui uji normalitas, uji homogenitas, uji kecenderungan dan uji hipotesis menggunakan teknik analisa data uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kecenderungan hasil belajar membuat pola kebaya menggunakan model pembelajaran Explicit Instruction pada siswa kelas XI Tata Busana SMK Negeri 3 Tebing Tinggi cenderung baik yaitu 82,35%. Dan tingkat kecenderungan hasil membuat pola kebaya tanpa menggunakan model pembelajaran Explicit Instruction cenderung cukup yaitu 52,94%. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung sebesar 8,38 dan ttabel pada taraf signifikan 0,05 dk = 32 sebesar 1,7 . Dengan demikian thitung > ttabel (8,38 > 1,7 ). Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Explicit Instruction Terhadap Hasil Belajar Pembuatan Pola Kebaya Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 3 Tebing Tinggi. Berdasarkan hasil perhitungan terlihat bahwa penerapan model pembelajaran Explicit Instruction cenderung baik digunakan di SMK Negeri 3 Tebing Tinggi terutama dalam mata pembelajaran Costume Made.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model pembelajaran Explicit Instruction, membuat pola kebaya |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT490 Clothing manufacture. Dressmaking. Tailoring |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 03 Aug 2022 03:52 |
Last Modified: | 03 Aug 2022 03:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47164 |