Arparani, Putri (2021) Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis E-Learning dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik Kelas X TITL SMK Negeri 2 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5161131034 COVER.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
2. NIM. 5161131034 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 5161131034 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (618kB) | Preview
4. NIM. 5161131034 PREFACE.pdf - Published Version
Download (885kB) | Preview
5. NIM. 5161131034 CONTENTS.pdf - Published Version
Download (832kB) | Preview
6. NIM. 5161131034 TABLES.pdf - Published Version
Download (553kB) | Preview
7. NIM. 5161131034 PICTURES.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
8. NIM. 5161131034 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
9. NIM. 5161131034 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
13. NIM. 5161131034 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
14. NIM. 5161131034 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Bagaimana hasil belajar PDE siswa yang dengan media pembelajaran berbasis e-learning menggunakan media Google Classroom dan media Edmodo, (2) Bagaimana hasil belajar PDE siswa dengan tingkat minat belajar tinggi dan hasil belajar PDE siswa dengan tingkat minat belajar rendah, (3) Apakah terdapat interaksi antara Media pembelajaran berbasis e-learning dan Minat belajar dalam mempengaruhi hasil belajar PDE siswa. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X TITL SMK Negeri 2 Medan pada semester genap 2020/2021. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TITL SMK Negeri 2 Medan yang tersebar dalam lima kelas. Sampel penelitian diambil dari dua kelas X TITL SMK Negeri 2 Medan, yaitu kelas eksperimen I sebanyak 32 siswa yang menggunakan media Google Classroom dan kelas eksperimen II sebanyak 33 siswa yang menggunakan media Edmodo. Proses pengumpulan data menggunakan metode tes (pre-test dan post-test) dan non-tes (angket). Metode penelitian dengan menggunakan quasi eksperimen dengan desain factorial 2 x 2. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah ANAVA dua jalur dengan taraf signifikan a=0.05, dan dilanjutkan dengan Uji Scheffe. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Hasil belajar PDE siswa dengan media pembelajaran berbasis e-learning menggunakan media Google Classroom lebih tinggi bila dibandingkan dengan hasil belajar PDE siswa dengan media Edmodo, hal ini ditunjukkan oleh nilai Fhitung > Ftabel dengan nilai Fhitung 22.66 > Ftabel 3.99; (2) Hasil belajar PDE siswa yang memiliki minat belajar tinggi lebih tinggi dibandingkan hasil belajar PDE siswa yang memiliki minat belajar rendah, hal ini ditunjukkan oleh nilai Fhitung > Ftabel dengan nilai Fhitung 11.82 > Ftabel 3.99; (3) Terdapat interaksi antara media pembelajaran berbasis e-learning dan minat belajar dalam mempengaruhi hasil belajar PDE siswa dengan nilai Fhitung > Ftabel dengan nilai Fhitung 26.58 > Ftabel 3.99 pada taraf signifikansi 0.05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis e-learning dengan media Google Classroom lebih baik daripada media Edmodo dalam meningkatkan hasil belajar PDE siswa. Siswa yang memiliki minat belajar tinggi cenderung memperoleh hasil belajar PDE lebih tinggi daripada siswa yang memiliki minat belajar rendah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media E-Learning, Google Classroom, Edmodo, Minat Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education T Technology > T Technology (General) T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 03 Aug 2022 02:12 |
Last Modified: | 03 Aug 2022 02:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47153 |