Lestari, Anggi Ayu (2021) Pengaruh Strategi Pembelajaran Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Dasar Listrik dan Elektronika siswa kelas X Program Keahlian Teknik Elektronika Industri SMKN 2 Tebing Tinggi 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5161131003 COVER.pdf - Published Version
Download (388kB) | Preview
2. NIM 5161131003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
3. NIM 5161131003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (648kB) | Preview
4. NIM 5161131003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (682kB) | Preview
5. NIM 5161131003 CONTENTS.pdf - Published Version
Download (886kB) | Preview
6. NIM 5161131003 TABLES.pdf - Published Version
Download (338kB) | Preview
7. NIM 5161131003 PICTURES.pdf - Published Version
Download (335kB) | Preview
8. NIM 5161131003 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (337kB) | Preview
9. NIM 5161131003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
13. NIM 5161131003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (719kB) | Preview
14. NIM 5161131003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (652kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap hasil belajar Dasar Listrik dan Elektronika. Penelitian ini akan dilakukan di SMK N 2 Tebing Tinggi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TEI dan Kelas X TAV SMK Negeri 2 Tebing Tinggi yang mengikuti mata pelajaran Dasar Listrik Elektronika, yaitu terdiri dari 2 kelas. Sampel dalam penelitian yaitu dimana kelas X TEI sebagai kelas Eksperimen (kelas yang diberi perlakuan dengan menggunakan strategi pembelajaran Tipe Jigsaw yang berjumlah 30 orang siswa serta kelas X TAV sebagai kelas Kontrol kelas yang diberi perlakuan dengan menggunakan strategi pembelajaran Ekspositori yang berjumlah 30 orang siswa.
Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah strategi pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Teknik pengumpulan data disaring dengan menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah validitas test, indeks kesukaran soal, reliabilitas test, pengolahan data, dan teknik analisis data. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar kognitif dasar listrik dan elektronika yang diajar berdasarkan strategi pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw lebih tinggi memiliki skor rata-rata 86,46 dari siswa yang diajar berdasarkan Strategi pembelajaran Ekspositori memiliki skor rata-rata 82,2 Secara statistik dengan menggunakan uji-t dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan dengan menggunakan strategi pembelajaran tipe Jigsaw lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang di ajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran Ekspositori pada mata pelajaran Dasar Listrik Elektronika di Kelas X TEI dan X TAV SMK N 2 Tebing Tinggi, hal ini dinuktikan dari hasil pengujian hipotesis dimana thitung> ttabel yaitu 2,02 > 1,67.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Jigsaw, Ekspositori dan Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 02 Aug 2022 06:59 |
Last Modified: | 02 Aug 2022 06:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47141 |