Samosir, Eci Elviani (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS STEM PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA DI KELAS XI MIA SMA SWASTA DELI MURNI BANDAR BARU T.P. 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4173141016 COVER.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
2. NIM 4173141016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
3. NIM. 4173141016 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
4. NIM. 4173141016 PREFACE.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
5. NIM. 4173141016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
9. NIM. 4173141016 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
13. NIM. 4173141016 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
14. NIM. 4173141016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan menghasilkan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis Pendekatan Sains Technology Engineering and Mathematics (STEM) pada materi Sistem Pernapasan Manusia. Desain penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian dan pengembangan. Subjek dalam penelitian ini adalah Ahli Materi, Ahli Pembelajaran, Ahli Desain, Guru bidang studi Biologi dan siswa kelas XI-MIA-A SMA Swasta Deli Murni Bandar Baru. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen berupa lembar tanggapan/respon. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Perancangan LKPD berbasis Pendekatan STEM dilakukan dengan menggunakan model pengembangan instruksional 4-D yaitu melalui tahap Define, Design, Development, dan Dessiminate. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perancangan LKPD berbasis Pendekatan STEM berdasarkan penilaian ahli materi diperoleh persentase rata-rata 87,5% dengan kriteria sangat layak, penilaian ahli pembelajaran diperoleh persentase rata-rata 92,5% dengan kriteria sangat layak, penilaian ahli desain diperoleh persentase rata-rata 78,7%. Hasil dari penggunaan LKPD Berbasis Pendekatan STEM yang dirancang 82,96 dengan jumlah peserta didik yang tuntas sebanyak 27 orang dan ketuntasan belajar klasikal diperoleh presentase 91%. LKPD Berbasis STEM pada materi Sistem Pernapasan Manusia yang telah dirancang memperoleh kriteria penilaian “sangat tinggi” dan telah memenuhi persyaratan efektif digunakan dalam serta layak digunakan dalam proses pembelajaran Biologi pada materi Sistem Pernapasan Manusia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 BIO 143 |
Keywords: | Bahan ajar; Lembar kerja peserta didik; Sistem pernapasan manusia; Pendekatan pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QM Human anatomy |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 02 Aug 2022 06:21 |
Last Modified: | 02 Aug 2022 06:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47137 |