Chairani, Mutiara (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Pembelajaran Tematik Tema 3 Subtema 1 Untuk Siswa Kelas IV SD Swasta Nurul Qomar Percut T.A 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1173311089_COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 1173311089_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
3. NIM. 1173311089_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
4. NIM. 1173311089_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
5. NIM. 1173311089_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
6. NIM. 1173311089_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 1173311089_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 1173311089_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
9. NIM. 1173311089_BAB I.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
13. NIM. 1173311089_BAB V.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
14. NIM. 1173311089_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah media pembelajaran yang selama ini digunakan pendidik hanya berupa media pembelajaran konvensional dalam meyampaikan materi pembelajaran kepada peserta didik, guru masih menggunakan media gambar dan belum pernah mengembangkan media berbasis teknologi dan kurangnya pengawasan orang tua dalam penggunaan smartphone. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis android pada pembelajaran tematik tema 3 subtema 1 untuk siswa kelas iv sd swasta nurul qomar percut t.a 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan BORG& GALL yang terdiri dari 10 tetapi pada penelitian ini penulis membatasi dalam 9 tahapan, yaitu tahap Research and Informating Collecting (penelitian dan pengumpulan data), Planning (perencaraan), Develop Preliminary From a Product (mengembangkan produk awal), Preliminary Field Testing (pengujian lapangan awal), Main Product Revision (revisi produk utama), Main Field Testing (uji coba lapangan utama), Operational Product Revision (revisi produk), Operational Field Testing (uji lapangan), dan Final Product Revision (revisi produk akhir). Subjek pada penelitian ini adalah validator ahli media, ahli materi, guru kelas IV sebagai praktisi pendidikan dan siswa kelas IV SD. Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu wawancara dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis android “Sangat Layak” dengan rincian persentase kelayakan yang diberikan oleh ahli media rata- rata keseluruhan sebesar 94% dengan karegori “Sangat Layak”, ahli materi diperoleh rata- rata keseluruhan sebesar 96% dengan kategori “Sangat Layak”, praktisi pendidikan mendapatkan skor 93,3% dengan kategori “Sangat Layak”, hasil uji coba kelompok kecil diperoleh rata- rata keseluruhan sebesar 91,4% dan uji coba kelompok besar diperoleh rata- rata keseluruhan sebesar 92% yang berarti bahwa media pembelajaran berbasis android “Sangat Layak” digunakan.Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis android pada pembelajaran tematik tema 3 subtema 1 untuk siswa kelas IV SD Swasta Nurul Qomar Percut T.A 2020/2021 layak digunakan oleh siswa saat proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-PGSD-004 |
Keywords: | Media Pembelajaran; Berbasis Android; Adobe Flash Profesional CS6 |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education > LC149 Literacy. Illiteracy |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 02 Aug 2022 03:32 |
Last Modified: | 02 Aug 2022 03:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47115 |