Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis VideoScribe Muatan PPKn Materi Keberagaman Budaya Pada Siswa Kelas V SD Negeri 114355 Bulungihit T.A 2020/2021

Siregar, Muhammad Rizky Faisyal (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis VideoScribe Muatan PPKn Materi Keberagaman Budaya Pada Siswa Kelas V SD Negeri 114355 Bulungihit T.A 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 1173311085_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1173311085_COVER.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1173311085_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1173311085_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (255kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1173311085_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1173311085_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1173311085_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1173311085_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1173311085_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1173311085_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1173311085_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1173311085_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1173311085_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1173311085_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1173311085_BAB I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1173311085_BAB I.pdf - Published Version

Download (426kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 1173311085_BAB V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 1173311085_BAB V.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 1173311085_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 1173311085_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya pemahaman guru dalam mengembangakan dan menggunakan media pembelajaran terutama pada pembelajaran tematik khususnya muatan PPKn, guru masih menggunakan media gambar dan belum pernah menggembangkan media berbasis teknologi. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas V SD Negeri 114355 Bulungihit Kecamatan Marbau Kebupaten Labuhan Batu Utara. Tujuan dari penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kelayakan, keefektifan dan kepraktisan media berupa video pembelajaran berbasis VideoScribe pada muatan PPKn. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan, yaitu tahap Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi).
Hasil penelitian menunjukkan media video pembelajaran berbasis VideoScribe pada muatan PPKn dengan tingkat persentase kelayakan yang diberikan oleh ahli media sebesar 82% sehingga dikatakan “Sangat Layak”. Hasil validasi oleh ahli materi pada tahap pertama dengan tingkat persentase sebesar 84% namum pada tahap kedua berubah menjadi 94% sehingga dikatakan “Sangat Layak”. Praktisi pendidikan dengan persentase 94% sehingga dikatakan “Sangat Layak”. Respon siswa terhadap media ini dilihat dari angket responden dengan persentase kelayakan 91% sehingga dapat dikatakan “Sangat Layak”. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran berbasis VideoScribe muatan PPKn materi keberagaman budaya pada kelas V SD Negeri 114355 Bulungihit layak digunakan oleh siswa saat proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 2022-PGSD-005
Keywords: Media Pembelajaran; Video Pembelajaran Animasi; VideoScribe
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 02 Aug 2022 03:32
Last Modified: 02 Aug 2022 03:32
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47110

Actions (login required)

View Item
View Item