Siregar, Muhammad Rizky Faisyal (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis VideoScribe Muatan PPKn Materi Keberagaman Budaya Pada Siswa Kelas V SD Negeri 114355 Bulungihit T.A 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1173311085_COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. NIM. 1173311085_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
3. NIM. 1173311085_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
4. NIM. 1173311085_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
5. NIM. 1173311085_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
6. NIM. 1173311085_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
7. NIM. 1173311085_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 1173311085_BAB I.pdf - Published Version
Download (426kB) | Preview
12. NIM. 1173311085_BAB V.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
13. NIM. 1173311085_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya pemahaman guru dalam mengembangakan dan menggunakan media pembelajaran terutama pada pembelajaran tematik khususnya muatan PPKn, guru masih menggunakan media gambar dan belum pernah menggembangkan media berbasis teknologi. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas V SD Negeri 114355 Bulungihit Kecamatan Marbau Kebupaten Labuhan Batu Utara. Tujuan dari penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kelayakan, keefektifan dan kepraktisan media berupa video pembelajaran berbasis VideoScribe pada muatan PPKn. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan, yaitu tahap Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi).
Hasil penelitian menunjukkan media video pembelajaran berbasis VideoScribe pada muatan PPKn dengan tingkat persentase kelayakan yang diberikan oleh ahli media sebesar 82% sehingga dikatakan “Sangat Layak”. Hasil validasi oleh ahli materi pada tahap pertama dengan tingkat persentase sebesar 84% namum pada tahap kedua berubah menjadi 94% sehingga dikatakan “Sangat Layak”. Praktisi pendidikan dengan persentase 94% sehingga dikatakan “Sangat Layak”. Respon siswa terhadap media ini dilihat dari angket responden dengan persentase kelayakan 91% sehingga dapat dikatakan “Sangat Layak”. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran berbasis VideoScribe muatan PPKn materi keberagaman budaya pada kelas V SD Negeri 114355 Bulungihit layak digunakan oleh siswa saat proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-PGSD-005 |
Keywords: | Media Pembelajaran; Video Pembelajaran Animasi; VideoScribe |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 02 Aug 2022 03:32 |
Last Modified: | 02 Aug 2022 03:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47110 |