Amelia, Gita (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Interactive Video Berbasis Multimedia Dalam Pembelajaran Matematika Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Kelas III SD Negeri 200117 Kota Padangsidimpuan T.A 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1173311047_COVER.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
2. NIM. 1173311047_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
3. NIM. 1173311047_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
4. NIM. 1173311047_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
5. NIM. 1173311047_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
6. NIM. 1173311047_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 1173311047_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 1173311047_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 1173311047_BAB I.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
13. NIM. 1173311047_BAB V.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
14. NIM. 1173311047_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui kelayakan penggunaan media pembelajaran Interactive Video berbasis Multimedia dalam pembelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan, (2) Mengetahui Kepraktisan penggunaan media pembelajaran Interactive video berbasis multimedia dalam pembelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan, (3) Mengetahui Keefektifan media pembelajaran Interactive video berbasis multimedia dalam pembelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan. Jenis Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Develoment) dengan menggunakan model 4D. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 200117 Kota Padangsidimpuan yang berjumlah 39 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara,angket, serta lembar soal pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Uji kelayakan media pembelajaran oleh ahli materi berada pada kualifikasi sangat layak sebesar 89,23%, serta ahli media sebesar 87,5% (2) Uji kepraktisan media pembelajaran oleh guru berada pada kualifikasi sangat layak sebesar 93,33% (3)Uji keefektifan menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran Interactive dengan nilai rata-rata sebesar 82,84% dan siswa yang dibelajarkan tanpa menggunakan media pembelajaran dengan nilai rata-rata sebesar 39,64%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan bagi pendidik untuk dapat mengembangkan media pembelajaran berbasis multimedia Interactive demi menciptakan pembelajaran yang bermutu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-PGSD-024 |
Keywords: | Pengembangan; Media Pembelajaran; interactive video; Multimedia; Matematika; Penjumlahan dan Pengurangan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 02 Aug 2022 03:32 |
Last Modified: | 02 Aug 2022 03:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47104 |