Siregar, Fitri Maya Sari (2021) Pengembangan E-Module Tematik Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Tema Udara Bersih Bagi Kesehatan Kelas V SD Negeri 101040 Aek Sigama Kecamatan Padang Bolak T.A 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1173311043_COVER.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
2. NIM. 1173311043_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
3. NIM. 1173311043_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
4. NIM. 1173311043_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
5. NIM. 1173311043_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
6. NIM. 1173311043_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
7. NIM. 1173311043_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
8. NIM. 1173311043_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 1173311043_BAB I.pdf - Published Version
Download (426kB) | Preview
13. NIM. 1173311043_BAB V.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
14. NIM. 1173311043_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, praktikalitas, efektivitas E-Module Tematik Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Tema Udara Bersih Bagi Kesehatan Kelas V SD Negeri 101040 Aek Sigama Kecamatan Padang Bolak. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan dari ADDIE yang terdiri dari 5 Tahapan, yaitu tahap analisis (Analysis), desain (Design), pengembangan (Development), implementasi (Implementation), dan evaluasi (Evaluation). Adapun subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri 101040 Aek Sigama Kecamatan Padang Bolak. Objek dalam penelitian ini yaitu E-Module berbasis pendekatan saintifik pada tema udara bersih bagi kesehatan. Instrument penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu instrument wawancara guru, angket validasi desain dan materi, angket pratisi pendidikan, angket respon peserta didik dan soal tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan E-Module tematik berbasis pendekatan saintifik pada tema udara bersih bagi kesehatan yang telah dikembangkan telah divalidasi oleh validator ahli desain dengan nilai rata-rata 4,48 dan total skor 96% dengan kategori “Sangat Layak”. Kemudian divalidasi oleh ahli materi dengan nilai rata-rata 4,52 dan total skor 90% dengan kategori “sangat layak”. Selanjutnya hasil uji praktikalitas melalui validasi praktisi pendidikan hasil data yang diperoleh presentase sebesar 92% dengan kategori “Sangat Praktis”. Kemudian melalui hasil respon peserta didik memperolah hasil data presentase sebesar 95% dengan kategori “sangat praktis”. Selanjutnya hasil efektivitas E-Module berbasis pendekatan saintifik yang dikembangkan menggunakan soal yang telah diuji coba untuk dapat melihat peningkatan hasil belajar peserta didik. Berdasarkan uji coba tersebut terlihat peningkatan hasil belajar masing-masing peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan E-Module berbasis pendekatan saintifik. Sebelum menggunakan E-Module berbasis pendekatan saintifik nilai rata-rata peserta didik sebesar 63,33 dan setelah menggunakan E-Module berbasis pendekatan saintifik nilai rata-rata peserta didik meningkat menjadi 90,00 dengan kategori “Baik Sekali” dan “Tuntas”. Maka dapat disimpulkan bahwa E-Module tematik berbasis pendekatan saintifik pada tema udara bersih bagi kesehatan kelas V SD Negeri 101040 Aek Sigama Kecamatan Padang Bolak layak digunakan oleh siswa saat proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-PGSD-003 |
Keywords: | E-Module; Pendekatan Saintifik |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 02 Aug 2022 03:33 |
Last Modified: | 02 Aug 2022 03:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47103 |