Amalia, Erika (2021) Pengembangan E-Module Berbasis Literasi Sains IPA Pada Tema Ekosistem Di Kelas V SD Negeri 101777 Saentis. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1173311039_COVER.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
2. NIM. 1173311039_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
3. NIM. 1173311039_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
4. NIM. 1173311039_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
5. NIM. 1173311039_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
6. NIM. 1173311039_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 1173311039_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 1173311039_DAFTAR BAGAN.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
9. NIM. 1173311039_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
10. NIM. 1173311039_BAB I.pdf - Published Version
Download (473kB) | Preview
14. NIM. 1173311039_BAB V.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
15. NIM. 1173311039_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah bahan ajar yang tersedia di sekolah SD Negeri 101777 Saentis saat ini masih terbatas bagi peserta didik dan belum ada pengembangan bahan ajar yang berbasis literasi sains. Peserta didik kelas V SD Negeri 101777 Saentis tidak memiliki sumber belajar selain buku siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan E-Module berbasis literasi sains IPA pada tema ekosistem, kepraktisan E-Module berbasis literasi sains IPA pada tema ekosistem dan efektivitas E-Module berbasis literasi sains IPA pada tema ekosistem di kelas V SD Negeri 1017777 Saentis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang mengacu pada model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 Tahapan, yaitu tahap analisis (Analysis), desain (Design), pengembangan (Development), implementasi (Implementation), evaluasi (Evaluation). Adapun subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri 101777 Saentis. Objek dalam penelitian ini yaitu E-Module berbasis literasi sains IPA pada tema ekosistem yang digunakan untuk meningkatkan literasi sains siswa. Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu instrument wawancara guru, angket validasi media dan materi, angket praktisi pendidikan, angket respon siswa dan soal tes. Hasil penelitian pengembangan E-Module berbasis literasi sains IPA pada tema ekosistem ini menunjukkan hasil validasi media oleh validator ahli media memperoleh rata-rata nilai 4,76 dengan kategori “Sangat Baik” dan presentase kelayakan adalah 95% yang dikategorikan “Sangat Layak” dan hasil validasi materi oleh validator ahli materi memperoleh rata-rata nilai 4,71 dengan kategori “Sangat Baik” dan hasil persentase yang diperoleh adalah 94% yang dikategorikan “Sangat Layak”. Uji praktikalitas oleh praktisi pendidikan memperoleh presentase kepraktisan 95% dan termasuk dalam kategori “Sangat Praktis”. hasil respon peserta didik memperoleh presentase kepraktisan 96% dan termasuk dalam kategori “Sangat Praktis”. Berdasarkan hasil penilaian praktikalitas oleh praktisi pendidikan dan siswa makan E-Module berbasis literasi sain IPA praktis untuk digunakan. Berdasarkan hasil uji keefektifan E-Module dapat diketahui bahwa setelah menggunakana E-Module, nilai rata-rata siswa meningkat dari rata-rata awal sebelum menggunakan yaitu 61,25 dengan kategori “Cukup” dan kriteria ketuntasan “ Tidak Tuntas” menjadi 87,18 dengan kategori “Sangat Baik” dan kriteria ketuntasan “Tuntas”. Berdasarkan hasil uji efektivitas maka dapat disimpulkan bahwa E-Module berbasis literasi sains IPA pada tema ekosistem di kelas V efektif digunakan untuk pembelajaran siswa kela V SD Negeri 10177 Saentis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-PGSD-010 |
Keywords: | E-Module Berbasis Literasi Sains IPA; Tema Ekosistem; Kelas V Sekolah Dasar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 02 Aug 2022 03:33 |
Last Modified: | 02 Aug 2022 03:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47101 |