Yusmaini, Dini (2021) Persepsi Guru Tentang Model Pembelajaran SAVI Dalam Proses Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar Gugus V Kecamatan Percut Sai Tuan Kabupaten Deli Serdang. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1162111015 - COVER.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
2. NIM. 1162111015 - LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (455kB) | Preview
3. NIM. 1162111015 - ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
4. NIM. 1162111015 - KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (346kB) | Preview
5. NIM. 1162111015 - DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (350kB) | Preview
6. NIM. 1162111015 - DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (330kB) | Preview
7. NIM. 1162111015 - DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 1162111015 - DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
9. NIM. 1162111015 - BAB I.pdf - Published Version
Download (455kB) | Preview
13. NIM. 1162111015 - BAB V.pdf - Published Version
Download (369kB) | Preview
14. NIM. 1162111015 - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah mengenai persepsi guru tentang model pembelajaran SAVI dalam proses pembelajaran tematik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi guru mengenai model pembelajaran SAVI dalam proses pembelajaran tematik di Sekolah Dasar gugus V Kecamatan Percut Sai Tuan Kabupaten Deli Serdang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah dengan penggunaan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru di Sekolah Dasar gugus V Kecamatan Percut Sai Tuan yang berjumlah 79 responden dan yang menjadi sampel penelitian yaitu seluruh guru kelas Sekolah Dasar gugus V Kecamatan Percut Sai Tuan yang berjumlah 54 orang guru. Analisis terhadap angket atau kuesioner dilakukan dengan sistem skala likert. Hasil penelitian menyatakan bahwa Persepsi guru tentang model pembelajaran SAVI dalam proses pembelajaran tematik baik dengan persentase sebesar 63,33 % (24,21% Sangat Setuju dan 39,12% Setuju). Selanjutnya berdasarkan nilai angket membuktikan bahwa persepsi guru tentang model pembelajaran SAVI dalam proses pembelajaran tematik di Sekolah Dasar gugus V Kecamatan Percut Sai Tuan dikategorikan “baik” dengan nilai rata-rata yaitu 3,66% dengan presentase responden sebesar 73,21% dikatogorikan baik. Dari data yang diperoleh, sebelumnya guru masih menerapkan model pembelajaran konvesional, dan setelah dilakukan observasi dan pemberian angket disimpulkan bahwa guru menilai model pembelajaran SAVI memiliki karakteristik yang baik untuk diterapkan dalam pembelajaran tematik di Sekolah Dasar Gugus V Kecamatan Percut Sai Tuan Kabupaten Deli Serdang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2021-PGSD-268 |
Keywords: | Persepsi Guru; Model; Pembelajaran SAVI |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 02 Aug 2022 03:33 |
Last Modified: | 02 Aug 2022 03:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47099 |