Armayanti, Dini (2021) Pengaruh Pembelajaran Daring Melalui WhatsApp Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 101896 Kiri Hulu Tanjung Morawa T.A 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1171111014_COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 1171111014_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
3. NIM. 1171111014_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
4. NIM. 1171111014_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
5. NIM. 1171111014_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
6. NIM. 1171111014_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7. NIM. 1171111014_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM. 1171111014_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
9. NIM. 1171111014_BAB I.pdf - Published Version
Download (327kB) | Preview
13. NIM. 1171111014_BAB V.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
14. NIM. 1171111014_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
Abstract
Permasalaan dalam penelitian ini yaitu hasil belajar matematika siswa di kelas V SDN 101896 Kiri Hulu masih tergolong rendah pada pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan media video dengan pemberian tugas melalui WhatsApp grup kelas V SDN 101896 Kiri Hulu Tanjung Morawa T.A 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan Design Quasi Experimental Design Type Nonequivalent Control Group Design yang menggunakan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V C SDN 101896 Kiri Hulu Tanjung Morawa yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data ini menggunakan soal tes sebanyak 30 soal. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji-t untuk menguji pengaruh media video dengan pemberian tugas terhadap hasil belajar matematika. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perhitungan rata-rata nilai post-test kelompok eksperimen sebesar 68,4 lebih tinggi daripada rata-rata kelompok kontrol sebesar 52,3. Hasil analisis data menunjukkan nilai t hitung 2,632 > t tabel 2,048. Artinya pada perbedaan yang signifikan antara hasil post-test kelas eksperimen yang menggunakan media video pembelajaran dengan kelas kontrol yang menggunakan metode pemberian tugas. Hal ini dapat dimaknai bahwa pembelajaran yang menggunakan media video memiliki hasil belajar yang tinggi dibandingkan dengan metode pemberian tugas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar matematika siswa menggunakan media video dengan metode pemberian tugas melalui WhatsApp kelas V SDN 101896 Kiri Hulu Kecamatan Tanjung Morawa T.A 2020/2021.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2021-PGSD-261 |
Keywords: | Media Video; Hasil Belajar Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 03 Aug 2022 02:04 |
Last Modified: | 03 Aug 2022 02:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47098 |