Harianja, Lamtiur (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis I- Spring Yang Diintegrasikan Dengan Microsoft Power Point Pada Mata Pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi Siswa Kelas XI Program Keahlian Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan di SMK N 2 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5173311008 COVER.pdf - Published Version
Download (533kB) | Preview
2. NIM. 5173311008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 5173311008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (779kB) | Preview
4. NIM. 5173311008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
5. NIM. 5173311008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
6. NIM. 5173311008 TABLES.pdf - Published Version
Download (500kB) | Preview
7. NIM. 5173311008 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (500kB) | Preview
8. NIM. 5173311008 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (612kB) | Preview
9. NIM. 5173311008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
13. NIM. 5173311008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
14. NIM. 5173311008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis I-Spring didasarkan pada hasil observasi yang dilakukan di SMK Negeri 2 Medan. Diketahui bahwa hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran estimasi biaya yaitu pada materi perhitungan volume pekerjaan masih rendah. Hal ini dikarenakan guru masih menggunakan media pembelajaran sederhana, yaitu menggunakan media cetak, seperti : buku teks hand outI, dan menggunakan media power point yang masih sederhana dengan melampirkan teks dan gambar saja. Oleh karena itu, perlu adanya pengembangan media pembelajaran interaktif yang mampu menarik perhatian peserta didik untuk lebih giat belajar. Seperti Media pembelajaran berbasis I-Spring yang diintegrasikan dengan Microsoft Power Point, yang dimana media pembelajaran ini memadukan antara teks, gambar, simulasi, video,dan evaluasi. Metode Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Prosedur yang dipakai dalam melakukan pengembangan ini dilakukan sesuai dengan model pengembangan oleh Dick and Carry (1996), yaitu model ADDIE yang terdiri dari tahap Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Namun, dikarenakan tujuan pengembangan produk pada penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran yang valid dan layak, maka peneliti melakukan penelitian sampai pada tahap Development (pengembangan) yaitu pada tahap revisi produk dan ujicoba skala kecil pada 10 siswa di kelas XI DPIB SMK Negeri 2 Medan.Hasil dari penelitian pengembangan media pembelajaran berbasis I-Spring pada mata pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi masuk kedalam kriteria valid dengan hasil uji ahli media mencapai tingkat kevalidan 84%, ahli materi I 70%, ahli materi II 91%, dan untuk uji skala kecil pada 10 siswa diperoleh kevalidan 83%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran, ADDIE, Volume Pekerjaan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education T Technology > T Technology (General) T Technology > T Technology (General) > T58.6 Management information systems |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 02 Aug 2022 01:35 |
Last Modified: | 02 Aug 2022 01:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47092 |