Ginting, Christian Arapenta (2021) Pengembangan Modul SketchUp Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Bangunan Kelas X DPIB Di SMK Negeri 2 Binjai. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5163311005 COVER.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
2. NIM 5163311005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
3. NIM 5163311005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (677kB) | Preview
4. NIM 5163311005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (952kB) | Preview
5. NIM 5163311005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (959kB) | Preview
6. NIM 5163311005 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (619kB) | Preview
7. NIM 5163311005 LIST OF IMAGES.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
8. NIM 5163311005 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (410kB) | Preview
9. NIM 5163311005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
13. NIM 5163311005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (960kB) | Preview
14. NIM 5163311005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (622kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan modul sebagai bahan ajar Gambar Teknik Bangunan Dengan Aplikasi SketchUp Siswa kelas X DPIB di SMK Negeri 2 Binjai, (2) Mengetahui kelayakan modul SketchUp sebagai bahan ajar Gambar Teknik Bangunan siswa kelas X DPIB di SMK Negeri 2 Binjai, (3) Mengetahui respon peserta didik terhadap modul SketchUp sebagai bahan ajar mata pelajaran gambar teknik bangunan.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan model Research and Development yang dimodifikasi oleh Sugiyono meliputi tahapan potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi desain, dan revisi produk.Instrumen yang digunakan berupa angket. Angket digunakan untuk menguji kelayakan modul melaui validasi ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa. Penilaian modul juga dilakukan oleh pengguna (siswa).
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa modul SketchUp sebagai bahan ajar pada mata pelajaran Gambar Teknik Bangunan mengacu pada kurikulum 2013 yang terdiri dari 6 bab materi pelajaran. Hasil penguji kelayakan oleh ahli materi memperoleh skor persentase sebanyak 81,88% dengan kategori baik, hasil pengujian kelayakan ahli media memperoleh skor persentase sebanyak 83% dengan kategori baik, dan hasil pengujian kelayakan oleh ahli bahasa memperoleh skor persentase sebanyak 78% dengan kategori baik. Kemudian modul SketchUp sebagai bahan ajar di uji coba melalui 2 tahap yaitu uji coba kelompok kecil dengan melibatkan 15 siswa, dan uji coba lapangan dengan melibatkan 30 siswa. Berdasarkan respon siwa pada 2 tahap uji coba. Adapun hasil uji coba kelompok kecil memperoleh skor persentase sebanyak 87,64% dengan kategori sangat baik, dan hasil uji coba lapangan memperoleh skor persentase sebanyak 88,35% dengan kategori sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul SketchUp sebagai bahan ajar Gambar Teknik bangunan layak digunakan siswa kelas X DPIB di SMK Negeri 2 Binjai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan Modul, Bahan Ajar, Gambar Teknik Bangunan, dan SketchUp |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 01 Aug 2022 07:36 |
Last Modified: | 01 Aug 2022 07:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47073 |