Tambunan, Agung Yohannes (2021) Pengembangan bahan ajar dalam mata pelajaran dasar- dasar konstruksi bangunan Kelas x Program Keahlian Desain Permodelan Dan Informasi Bangunan Di SMK Negeri 5 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5163311001 COVER. Pdf.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
2. NIM. 5163311001 APPROVAL SHEET. Pdf (1).pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 5163311001 ABSTRACT. Pdf.pdf - Published Version
Download (752kB) | Preview
4. NIM 5163311001 PREFACE. Pdf (1).pdf - Published Version
Download (773kB) | Preview
5. NIM. 5163311001 TABLE OF CONTENT. Pdf.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
6. NIM 5163311001 TABLES. Pdf.pdf - Published Version
Download (555kB) | Preview
7. NIM 5163311001 ILLUSTRATION Pdf.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
8. NIM 5163311001 APPENDICES. Pdf.pdf - Published Version
Download (736kB) | Preview
9. NIM. 5163311001 CHAPTER I. Pdf.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
13. NIM. 5163311001 CHAPTER V. Pdf.pdf - Published Version
Download (666kB) | Preview
14. NIM 5163311001 BIBLIOGRAPHY. Pdf.pdf - Published Version
Download (938kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendapatkan validasi modul pembelajaran Bahan ajar Dasar- Dasar Konstruksi Bangunan Gedung Kelas X DPIB SMK Negeri 5 Medan, (2) Mendapatkan kelayakan modul pembelajaran Bahan ajar Dasar- Dasar Konstruksi Bangunan Gedung Kelas X DPIB SMK Negeri 5 Medan yang dikembangkan sebagai modul pembelajaran bagi siswa/i SMK Negeri 5 Medan.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan model 4-D, meliputi tahapan define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), disseminate (penyebaran). Instrumen yang digunakan berupa angket. Angket digunakan untuk menguji kelayakan modul melaui validasi ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa.Penilaian modul juga dilakukan oleh pengguna (siswa- siswi Smk Negeri 5 Medan).
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa modul Pembelajaran Dasar- Dasar Konstruksi Bangunan Gedung mengacu pada kurikulum K 13 hasil pengujin kelayakan oleh ahli media mendapat skor 85,83% dengan kategori Sangat Layak, hasil pengujian kelayakan ahli materi mendapat skor 158,5% dengan kategori Sangat Layak, dan hasil pengujian kelayakan oleh ahli bahasa mendapat skor 80,33% dengan kategori Layak. Berdasarkan angket pengguna yang diisi 10 siswa, memperoleh tingkat kelayakan 86,6% dengan kategori Sangat Layak.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran pembelajaran Bahan ajar Dasar- Dasar Konstruksi Bangunan Gedung layak digunakan siswa- siswi Kelas X SMK Negeri 5 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan Modul, Modul Pembelajaran, Dasar –dasar konstruksi bangunan gedung |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 01 Aug 2022 07:22 |
Last Modified: | 01 Aug 2022 07:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47072 |