BARUS, JHERIKO PRATAMA (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH MATERI PROSEDUR PEKERJAAN BETON (SUPLEMEN MATA KULIAH KONSTRUKSI BANGUNAN GEDUNG). Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5153311019 COVER.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
2. NIM 5153311019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 5153311019 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (944kB) | Preview
4. NIM 5153311019 PREFACE.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
5. NIM 5153311019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
6. NIM 5153311019 TABLES.pdf - Published Version
Download (460kB) | Preview
7. NIM 5153311019 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (459kB) | Preview
8. NIM 5153311019 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (459kB) | Preview
9. NIM 5153311019 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
13. NIM 5153311019 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (841kB) | Preview
14. NIM 5153311019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Pengembangan pembelajaran termasuk hal yang sangat dibutuhkan dalam inovasi pembelajaran, salah satu cara pengembangan pembelajaran yang baik yaitu dengan pemilihan media yang dianggap efektif digunakan dalam proses belajar mengajar, salah satunya adalah modul. Oleh sebab itu Penulis mencoba mengembangkan modul pembelajaran dengan memanfaatkan media modul pembelajaran berbasis masalah materi prosedur pekerjaan beton suplemen mata kuliah konstruksi bangunan gedung .
Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan model Borg and Gall. Pengembangan media modul pembelajaran ini dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu Potensi dan Masalah, Pengumpulan Data, Desain Produk, Validasi Desain, Revisi desain, Uji coba Produk, Revisi produk. Instrumen yang digunakan berupa angket, angket digunakan untuk menguji kelayakan modul melalui validasi ahli materi dan ahli media serta pemakai uji coba produk yaitu 3 mahasiswa PTB Universitas Negeri Medan. Berdasarkan data hasil validasi kelayakan modul pembelajaran, hasil validasi ahli materi diperoleh skor hasil penilaian sebesar 3,88 dengan kategori “Layak”, hasil validasi ahli media diperoleh skor hasil penilaian sebesar 3,70 dengan kategori “Layak”, dan, Pada tahap uji coba skala kecil yang dilakukan yaitu 3 orang mahasiswa didapat rata-rata penilaian sebesar 3,96 dengan kategori “Layak”. Dari keseluruhan hasil validasi dan uji coba pengembangan modul maka dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran berbasis masalah materi prosedur pekerjaan beton telah layak digunakan pada mata kuliah konstruksi bangunan gedung jurusan Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negri Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan Modul, Modul Pembelajaran, Materi Prosedur Pekerjaan Beton, Matakuliah Konstruksi Bangunan Gedung. |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 29 Jul 2022 06:49 |
Last Modified: | 29 Jul 2022 06:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47000 |