Nadeak, Inrayonta (2021) Hubungan Antara Persepsi Siswa Tentang Penggunaan Media Pembelajaran Dan Kemandirian Belajar Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Gambar Teknik Pada Siswa Kelas X Keahlian Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan SMK Negeri 5 Medan Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5153311017 COVER.pdf - Published Version
Download (448kB) | Preview
2. NIM. 5153311017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
3. NIM. 5153311017 ABSTRAC.pdf - Published Version
Download (711kB) | Preview
4. NIM. 5153311017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
5. NIM. 5153311017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
6. NIM. 5153311017 TABLES.pdf - Published Version
Download (698kB) | Preview
7. NIM. 5153311017 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (423kB) | Preview
8. NIM. 5153311017 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (816kB) | Preview
9. NIM. 5153311017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
13. NIM. 5153311017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
14. NIM. 5153311017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (808kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan antara Persepsi Siswa Tentang Penggunaan Media Pembelajaran Dan Kemandirian Belajar Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Gambar Teknik Pada Siswa Kelas X DPIB SMK Negeri 5 Medan T.A 2020/2021 dengan jumlah responden 32 orang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Sebelum penelitian ini dilakukan instrumen penelitian terlebih dahulu diujicobakan, dilanjutkan dengan uji validitas, reliabilitas, indeks kesukaran dan daya pembeda soal. 1) Hasil uji coba soal angket Persepsi Siswa Tentang Penggunaan Media Pembelajaran diperoleh 25 butir angket valid dari 30 butir total angket yang diujicobakan dengan koefisien reliabilitas = 0,789 termasuk kategori tinggi, 2) Hasil uji coba soal angket Kemandirian Belajar diperoleh 24 butir angket valid dari 30 butir total angket yang diuji cobakan, koefisien reliabilitas = 0,929 termasuk kategori sangat tinggi, 3) Hasil uji coba tes Hasil Belajar Mata Pelajaran Gambar Teknik diperoleh 21 butir tes valid dari 30 butir total tes yang diujicobakan dengan koefisien reliabilitas = 0,886 termasuk kategori sangat tinggi, indeks kesukaran terdapat 10 butir kategori soal mudah dan 11 butir kategori soal sedang. Daya beda soal terdapat 14 butir soal dalam kategori baik dan 7 butir soal dalam kategori cukup. Berdasarkan pengujian hipotesis dapat disimpulkan: 1) Terdapat Hubungan yang positif dan berarti antara Persepsi Siswa Tentang Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Gambar Teknik dengan besar korelasi rx1y = 0,3668 > rtabel = 0,3490 dan thitung = 2,1954 > ttabel = 1,6970. 2) Terdapat Hubungan yang positif dan berarti antara Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Gambar Teknik dengan besar korelasi rx2y = 0,3669 > rtabel = 0,3490 dan thitung = 2,1605 > ttabel = 1,6970. 3) Terdapat Hubungan yang positif dan berarti antara Persepsi Siswa Tentang Penggunaan Media Pembelajaran dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Gambar Teknik dengan besar korelasi ganda diperoleh rx(1,2),y = 0,4731 > rtabel = 0,3490 dan uji keberartian korelasi dengan menggunakan Uji-F diperoleh Fhitung = 4,1822 > Ftabel = 3,3300. Dengan demikian Persepsi Siswa Tentang Penggunaan Media Pembelajaran dan Kemandirian Belajar mempunyai Hubungan yang positif dan berarti terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Gambar Teknik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Penggunaan Media Pembelajaran, Kemandirian Belajar, Hasil Belajar, Gambar Teknik. |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 29 Jul 2022 06:44 |
Last Modified: | 29 Jul 2022 06:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46998 |