Samosir, Hendro T.G (2016) PENGGUNAAN METODE DRILL DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA NOTASI BALOK PADA PIANIKA SISWA KELAS VII SMP SULTAN ISKANDAR MUDA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 2103140021 COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2. NIM. 2103140021 APPRIOVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
3. NIM. 2103140021 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4. NIM. 2103140021 PREPACE.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
5. NIM. 2103140021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
6. NIM. 2103140021 PHOTO LIST.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 2103140021 GRAPHIC LIST.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 2103140021 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (426kB) | Preview
12. NIM. 2103140021 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
13. NIM. 2103140021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses, kemampuan,sikap siswa menghadapi kesulitan dalam belajar, minat siswa terhadap mata pelajaran seni musik, hasil penggunaan metode Drill, dan sarana dan prasarana pembelajaran di SMP SULTAN ISKANDAR MUDA.
Penelitian ini berdasarkan pada landasan teoritis yang menjelaskan pengertian keterampilan, metode, musik, pianika.
Penelitian ini dilakukan di Yayasan Perguruan Sultan Iskandar Muda Medan, yang beralamat di Jl. Tengku Amir Hamzah Lingkungan XI Pekan I Sunggal Kec. Medan Sunggal. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode Drill. Populasi dalam penelitian ini adalah sseluruh siswa yang berada di kelas VIIIA di Yayasan Perguruan Sultan Iskandar Muda Medan, sedangkan sampel berjumlah 36 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan strudi kepustakaan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode drill dalam meningkatkan keterampilan membaca notasi balok dengan menggunakan pianika mendapatkan peningkatan hasil belajar siswa yang sangat signifikan. Sebelum dilaksanakan metode drill, terlebih dahulu peneliti melakukan uji coba dengan pre-test, rata-rata hasil belajar siswa dalam meningkatkan keterampilan membaca notasi balok pada pianika masih sangat rendah, yaitu berjumlah 69,42. Selanjutnya peneliti melaksanakan siklus I dengan menerapkan metode drill, rata-rata hasil belajar siswa meningkat yaitu berjumlah 71,55 tetapi belum dinyatakan tuntas. Kemudian dilanjutkan siklus II dengan menerapkan metode drill, rata-rata hasil belajar siswa semakin meningkat yaitu berjumlah 80,45. Maka dinyatakan tuntas dan siklus ini tidak dilanjutkan lagi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MSK 010 |
Keywords: | Metode Drill: Keterampilan; Notasi Balok |
Subjects: | L Education > L Education (General) M Music and Books on Music > M Music |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 26 Apr 2016 17:57 |
Last Modified: | 26 Apr 2016 17:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4697 |