Kendala Guru Dalam Melaksanakan Pembelajaran Daring di Jurusan Teknik Kendaraan Ringan Sekolah Menengah Kejuran Negeri 5 Medan dan Sekolah Menengah Kejuruan Swasta Bandung 2 Tahun Ajaran 2020/2021

Sarwan (2021) Kendala Guru Dalam Melaksanakan Pembelajaran Daring di Jurusan Teknik Kendaraan Ringan Sekolah Menengah Kejuran Negeri 5 Medan dan Sekolah Menengah Kejuruan Swasta Bandung 2 Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM.5162122003 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM.5162122003 COVER.pdf - Published Version

Download (372kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM.5162122003 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM.5162122003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM.5162122003 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM.5162122003 PREFACE.pdf - Published Version

Download (762kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM.5162122003 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM.5162122003 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (636kB) | Preview
[thumbnail of 5.NIM.5162122003 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5.NIM.5162122003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (913kB) | Preview
[thumbnail of 6.NIM.5162122003 TABLES.pdf]
Preview
Text
6.NIM.5162122003 TABLES.pdf - Published Version

Download (360kB) | Preview
[thumbnail of 7.NIM.5162122003 LIST OF PICTURE..pdf]
Preview
Text
7.NIM.5162122003 LIST OF PICTURE..pdf - Published Version

Download (359kB) | Preview
[thumbnail of 8.NIM.5162122003 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8.NIM.5162122003 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (358kB) | Preview
[thumbnail of 9.NIM.5162122003 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9.NIM.5162122003 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 13.NIM.5162122003 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13.NIM.5162122003 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (703kB) | Preview
[thumbnail of 14.NIM.5162122003 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14.NIM.5162122003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (638kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan guru dalam menngunkan aplikasi Zoom untuk belajar daring di jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 5 Medan dan SMK Swasta Bandung 2, mendeskripsikan kendala guru dibidang fasilitas computer, laptop, gadged, smartphone dan paket internet untuk belajar daring di Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 5 Medan dan SMK Swasta Bandung 2, mendeskripsikan kendala guru dalam mengelola pembelajaran daring di Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 5 Medan dan SMK Swasta Bandung 2, mendeskripsikan kendala guru dalam menilai hasil belajar secara daring di Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 5 Medan dan SMK Swasta Bandung 2 dimasa pandemi COVID-19. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan metode observasi, dan angket kuisioner. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari 30 orang responden yakni guru yang mengajar di jurusan teknik kendaraan ringan, dengan teknik sampling purposive yaitu teknik pengambilan sumber data dengan pertimbangan tertentu, dimana peneliti ingin mengetahuai bagaimana kendala guru dalam melaksanakan pembelajaran daring. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, dengan langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) Kendala guru di bidang keterampilan menggunakan aplikasi Zoom. Keseluruhan guru sudah mampu mennggunakan aplikasi Zoom untuk pembelajaran daring. (2) Kendala guru dibidang fasilitas komputer (laptop), smartphone, gadged dan paket internet, berdasarkan hasil penelitan sudah cukup baik. Beberapa kendala yang ditemui pada bagian kebutuhan paket internet yang tidak disediakan oleh pihak sekolah sehingga para guru sewaktu – waktu mengalami kehabisan paket internet untuk belajar daring, Secara umum dalam bidang fasilitas komputer (laptop), smartphone, gadged dan paket internet, cukup baik (tidak terkendala). Persentase kendala yang dialami oleh para guru yaitu sebesar 20%, (3) Kendala guru di bidang pengelolaan pembelajaran berdasarkan hasil penelitian, kendala yang dialami oleh para guru masuk ke dalam kategori terkendala dengan persantasi sebesar 83.21%, (4) Kendala guru di bidang penilaian pembelajaran berdasarkan hasil penelitian, kendala yang dialami oleh para guru masuk ke dalam kategori terkendala dengan persentasi sebanyak 73.7%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kendala, Guru, Pembelajaran, Daring, COVID-19
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 28 Jul 2022 08:30
Last Modified: 28 Jul 2022 08:30
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46966

Actions (login required)

View Item
View Item