Sarwan (2021) Kendala Guru Dalam Melaksanakan Pembelajaran Daring di Jurusan Teknik Kendaraan Ringan Sekolah Menengah Kejuran Negeri 5 Medan dan Sekolah Menengah Kejuruan Swasta Bandung 2 Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.5162122003 COVER.pdf - Published Version
Download (372kB) | Preview
2. NIM.5162122003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM.5162122003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (762kB) | Preview
4. NIM.5162122003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (636kB) | Preview
5.NIM.5162122003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (913kB) | Preview
6.NIM.5162122003 TABLES.pdf - Published Version
Download (360kB) | Preview
7.NIM.5162122003 LIST OF PICTURE..pdf - Published Version
Download (359kB) | Preview
8.NIM.5162122003 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (358kB) | Preview
9.NIM.5162122003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
13.NIM.5162122003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (703kB) | Preview
14.NIM.5162122003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (638kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan guru dalam menngunkan aplikasi Zoom untuk belajar daring di jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 5 Medan dan SMK Swasta Bandung 2, mendeskripsikan kendala guru dibidang fasilitas computer, laptop, gadged, smartphone dan paket internet untuk belajar daring di Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 5 Medan dan SMK Swasta Bandung 2, mendeskripsikan kendala guru dalam mengelola pembelajaran daring di Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 5 Medan dan SMK Swasta Bandung 2, mendeskripsikan kendala guru dalam menilai hasil belajar secara daring di Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 5 Medan dan SMK Swasta Bandung 2 dimasa pandemi COVID-19. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan metode observasi, dan angket kuisioner. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari 30 orang responden yakni guru yang mengajar di jurusan teknik kendaraan ringan, dengan teknik sampling purposive yaitu teknik pengambilan sumber data dengan pertimbangan tertentu, dimana peneliti ingin mengetahuai bagaimana kendala guru dalam melaksanakan pembelajaran daring. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, dengan langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) Kendala guru di bidang keterampilan menggunakan aplikasi Zoom. Keseluruhan guru sudah mampu mennggunakan aplikasi Zoom untuk pembelajaran daring. (2) Kendala guru dibidang fasilitas komputer (laptop), smartphone, gadged dan paket internet, berdasarkan hasil penelitan sudah cukup baik. Beberapa kendala yang ditemui pada bagian kebutuhan paket internet yang tidak disediakan oleh pihak sekolah sehingga para guru sewaktu – waktu mengalami kehabisan paket internet untuk belajar daring, Secara umum dalam bidang fasilitas komputer (laptop), smartphone, gadged dan paket internet, cukup baik (tidak terkendala). Persentase kendala yang dialami oleh para guru yaitu sebesar 20%, (3) Kendala guru di bidang pengelolaan pembelajaran berdasarkan hasil penelitian, kendala yang dialami oleh para guru masuk ke dalam kategori terkendala dengan persantasi sebesar 83.21%, (4) Kendala guru di bidang penilaian pembelajaran berdasarkan hasil penelitian, kendala yang dialami oleh para guru masuk ke dalam kategori terkendala dengan persentasi sebanyak 73.7%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kendala, Guru, Pembelajaran, Daring, COVID-19 |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 28 Jul 2022 08:30 |
Last Modified: | 28 Jul 2022 08:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46966 |