Naibaho, Josse Andres (2022) Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Wordwall Pada Materi Pecahan Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 106836 Limau Manis T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1182111046_COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. NIM. 1182111046_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
3. NIM. 1182111046_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
4. NIM. 1182111046_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
5. NIM. 1182111046_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
6. NIM. 1182111046_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
7. NIM. 1182111046_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 1182111046_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 1182111046_BAB I.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
13. NIM. 1182111046_BAB V.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
14. NIM. 1182111046_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tidak adanya penggunaan media
pembelajaran berbasis teknologi sebagai salah satu faktor rendahnya hasil belajar
siswa. Hal ini mengakibatkan banyak siswa yang malas belajar dan tidak adanya
interaksi antara guru dan siswa sehingga banyak siswa yang tidak mampu dalam
memahami pembelajaran di dalam kelas. Dari 24 siswa hanya 25 % atau 6 siswa
yang nilainya diatas KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) dan 75 % atau 18 siswa
lainnya masih dibawah KKM (kriteria Ketuntasan Minimal). Penelitian ini
bertujuan untuk melihat Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Wordwall Pada
Materi Pecahan Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 106836
Limau Manis T.A 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre
experimental designs dengan bentuk penelitian one group pretest posttest. Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas V-B yang berjumlah 24 siswa SDN 106836
Limau Manis. Instrumen yang digunakan dalam aktivitas belajar siswa
sebelumnya diujicobakan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas tes.
Instrumen diberikan sebelum dan sesudah pemberian media pembelajaran
wordwall. Sebelum dilakukan uji hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat
yaitu uji normalitas. Berdasarkan hasil perhitungan uji prasyarat, pada data pretest
diperoleh hasil 0,15 , post- test diperoleh hasil 0,159 yang berarti nilai
keduanya > 0,05 sehingga dapat dikatakan bahwa kedua data tersebut
berdistribusi normal. Selanjutnya hasil uji homogenitas variabel penelitian diketahui nilai signifikan 0,15 lebih besar dari 0,05 (sig > 0,05) maka dapat disimpulkan bahwa dapat disimpulkan bahawa data dalam penelitian ini memilki varians yang homogen. Kemudian, Uji hipotesis dilakukan dengan Uji Paired Sample t Test dengan program SPSS 24 dan diperoleh nilai Sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,000 yang berarti bahwa < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti bahwa ada Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Wordwall Pada Materi Manis T.A 2021/2022
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Hasil Belajar; Media Pembelajaran Wordwall |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 02 Aug 2022 06:17 |
Last Modified: | 02 Aug 2022 06:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46965 |