Harahap, Indah Sari (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash pada Tema 1 Subtema Hewan Sahabatku di Kelas VI SDN 118168 Sei Tawar Kecamatan Panai Hilir Kabupaten Labuhanbatu T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1173311056_COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. NIM. 1173311056_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
3. NIM. 1173311056_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
4. NIM. 1173311056_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
5. NIM. 1173311056_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
6. NIM. 1173311056_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
7. NIM. 1173311056_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. NIM. 1173311056_DAFTAR BAGAN.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 1173311056_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
10. NIM. 1173311056_BAB I.pdf - Published Version
Download (481kB) | Preview
14. NIM. 1173311056_BAB V.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
15. NIM. 1173311056_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
Abstract
Pengembangan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash dilatarbelakangi oleh
beberapa permasalahan yaitu rumusan masalah 1) Bagaimanakah kelayakan pengembangan
media pembelajaran berbasis macromedia flash pada tema 1 subtema hewan sahabatku di
kelas VI SDN 118168 Sei Tawar?., 2) Bagaimanakah kepraktisan media pembelajaran
berbasis macromedia flash pada tema 1 subtema hewan sahabatku di kelas VI SDN 118168
Sei Tawar? dan 3) Bagaimanakah keefektifan media pembelajaran berbasis macromedia flash
pada tema 1 subtema hewan sahabatku di kelas VI SDN 118168 Sei Tawar? Tujuan Penelitian
1) Mendeskripsikan bagaimana kelayakan media pembelajaran berbasis macromedia flash
pada tema 1 subtema hewan sahabatku di kelas VI SDN 118168 Sei Tawar., 2)
Mendeskripsikan bagaimana kepraktisa nmedia pembelajaran berbasis macromedia flash pada
tema 1 subtema hewan sahabatku di kelas VI SDN 118168 Sei Tawar dan 3) Mendeskripsikan
bagaimana keefektifan media pembelajaran berbasis macromedia flash pada tema 1 subtema
hewan sahabatku di kelas VI SDN 118168 Sei Tawar. Buku teks hanya mampu mengajarkan
siswa untuk banyak menghapal dibandingkan penerapan konsep nyata. Misalnya untuk tema 1
subtema 2 pembelajaran 1 di kelas VI SD pada materi perkembangbiakan hewan ovivar,
vivivar, dan ovovivipar bisa dihapal peserta didik lewat penjelasan pada buku teks dalam
bentuk uraian materi. Oleh karena itu, buku teks terkadang tidak memberi ruang bagi peserta
didik untuk menginterpretasikan sendiri penemuan konsep yang telah dipelajarinya.
Menyajikan materi pelajaran dalam media berbasis macromedia flash dapat menggantikan
tugas guru dalam batas-batas tertentu. Bukan menggantikan perannya sebagai guru, tetapi
menggantikan tugasnya dalam batas tertentu. Guru tetap berperan sebagai fasilitator yang
dapat memantau berjalannya proses pembelajaran dengan baik. Menggunakan aplikasi
macromedia flash pada pembelajaran tematik, diharapkan dapat menjadi solusi mengupas
permasalahan yang ditemukan di lapangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan
pengembangan (Research and Development). Metode penelitian ini merujuk pada model
Thiagarajan dengan sedikit penyesuaian sesuai konteks penelitian.Thiagarajan dan Semmel
(dalam Trianto, 2011:189) mengemukakan bahwa model 4-D (four D models) terdiri dari 4
tahap, yaitu: (1) tahap pendefenisian (define), (2) tahap perencanaan (design), (3) tahap
pengembangan (develop), dan (4) tahap penyebaran (disseminate). Kelayakan media
pembelajaran berbasis macromedia flash pada tema 1 subtema hewan sahabatku untuk siswa
kelas VI SD Sei Tawar memenuhi syarat dan layak digunakan untuk pembelajaran. Jumlah
rata-rata keseluruhan penilaian ahli materi adalah 91%, Jumlah rata-rata keseluruhan
penilaian ahli media pembelajaran adalah 88% berada pada kriteria sangat baik.Hasil analisis
respon siswa uji coba dilihat dari persentase penilaian yang diberikan dari rata-rata seluruh
siswa sebesar 92,5% dari keseluruhan siswa sebanyak 25 orang. Hasil respon atau tanggapan
yang dilakukan oleh guru kelas VI d termasuk pada kriteria “sangat baik” dengan total
persentase rata-rata sebesar 91%.Keefektifan media pembelajaran berbasis macromedia flash
pada tema 1 subtema hewan sahabatku diperoleh rata-rata 80,68. Nilai siswa paling rendah
adalah 75 dan paling tinggi adalah 90. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa lebih
baik jika dibandingkan dengan guru tidak menggunakan media pembelajaran berbasis macromedia flash
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan; Macromedia Flash; Subtema Hewan Sahabatku |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 02 Aug 2022 06:18 |
Last Modified: | 02 Aug 2022 06:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46952 |