Muliati, Elina (2022) Hubungan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Tema VII Indahnya Keragaman Di Negeriku Di SD Negeri 101768 Tembung T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1183311009_COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. NIM. 1183311009_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (327kB) | Preview
3. NIM. 1183311009_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
4. NIM. 1183311009_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (330kB) | Preview
5. NIM. 1183311009_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
6. NIM. 1183311009_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
7. NIM. 1183311009_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 1183311009_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 1183311009_BAB I.pdf - Published Version
Download (448kB) | Preview
13. NIM. 1183311009_BAB V.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
14. NIM. 1183311009_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya belajar siswa dan hubungan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa pada tema VII Indahnya Keragaman di Negeriku di kelas IV SD Negeri 101768 Tembung T.A. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian korelasi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas IV A dan IV B, SD Negeri 101768 Tembung berjumlah sebanyak 41 siswa dengan menggunakan teknik Sampling Jenuh, dikarenakan populasi terbilang kecil maka peneliti mengambil semua populasi dalam penelitian ini
untuk dijadikan sampel. Instrumen yang digunakan untuk variabel Gaya Belajar
(X) yaitu berupa angket tertutup dengan skala likert dan untuk variabel Hasil
Belajar (Y) yaitu tes soal sebanyak 20 butir soal. Teknik analisis data yang
digunakan yaitu menggunakan teknik analisis data deskriptif. Berdasarkan hasil
penelitian dan analisis data diketahui untuk variabel Gaya Belajar (X) terdapat
bahwa terdapat 14 siswa yang memiliki gaya belajar visual dengan presentase
sebesar 34%. Kemudian terdapat 16 siswa yang memiliki gaya belajar auditori
dengan presentase sebesar 39%. Selanjutnya terdapat 11 siswa yang memiliki
gaya belajar kinestetik dengan presentasi sebesar 27%. Sedangkan untuk variabel
Hasil Belajar (Y) skor yang dinyatakan dengan kategori tinggi berjumlah 11 siswa
dengan presentase sebesar 27%. Skor yang dinyatakan dengan kategori sedang
berjumlah 16 siswa dengan presentase sebesar 39%. Skor yang dinyatakan dalam
kategori kurang mencapai sebanyak 7 siswa dengan presentase sebesar 17%.
Kemudian skor yang dinyatakan dalam kategori rendah berjumlah 7 siswa dengan
presentase sebesar 17%. Hasil Penelitian : (1) terdapat hubungan yang positif
yang signifikan antara variabel Gaya Belajar (X) dengan variabel Hasil Belajar
(Y). (2) peran variabel Gaya Belajar terhadap hasil belajar memberikan kontribusi hubungan sebesar 50% terhadap Hasil Belajar siswa. Simpulan penelitian ini yaitu terdapat hubungan positif yang signifikan antara Gaya Belajar dengan Hasil Belajar siswa kelas IV SD Negeri 101768 Tembung T.A 2021/2022. Seluruh pihak baik guru maupun orangtua sebaiknya memperhatikan gaya belajar setiap anak agar lebih mempermudah dalam belajar dengan cara yang lebih mudah diserap anak dalam menerima pelajaran untuk mencapai hasil belajar yang optimal
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Gaya Belajar; Belajar; dan Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 02 Aug 2022 06:19 |
Last Modified: | 02 Aug 2022 06:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46914 |