Purba, Hermawaty (2022) Studi Tentang Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini Di TK Pelangi Kasih Kecamatan Doloksanggul Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1163113010 COVER.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
2. NIM. 1163113010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (561kB) | Preview
3. NIM. 1163113010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
4. NIM. 1163113010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
5. NIM. 1163113010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6. NIM. 1163113010 TABLES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
7. NIM. 1163113010 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
8. NIM. 1163113010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (428kB) | Preview
12. NIM. 1163113010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
13. NIM. 1163113010 BIBLOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
Abstract
Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mendeskripsikan dan bagaimana membangun karakter anak usia dini di TK Pelangi Kasih Kecamatan Doloksanggul. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang penyelenggara sekolah, 1 orang guru dan 5 anak usia 5-6 tahun. Data dikumpulkan melalui metode observasi untuk melihat kegiatan anak dalam belajar kemudian wawancara dengan mewawancarai penyelenggara sekolah dan salah satu guru yang mengajar di TK Pelangi Kasih untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana karakter anak di dalam kelas dan juga dokumentasi sebagai bukti penelitian
Peneliti melakukan observasi sebanyak dua kali dan melihat bagaimana karakter anak di kelas Petrus II dan masih ada anak yang memiliki karakter yang tidak jujur setelah melakukan kesalahan, susah diatur dan diajak kerja sama, tidak merapikan mainannya, dan membuang sampah sembarangan. Hasil penelitian dan pembahasan penelitian ini yaitu : (1) metode yang digunakan dalam menerapkan karakter anak usia dini di TK Pelangi Kasih ialah menggunakan metode bercerita dan metode pemberian tugas, (2) upaya guru dalam membentuk karakter anak usia dini yaitu menjadi teladan bagi anak, mengintegrasikan pelajaran ke dalam kegiatan sehari-hari, memberikan kesempatan kepada anak untuk melakukan tugas dan kewajibannya, dan memberikan deadline pada setiap tugas
Dari 26 orang anak terdapat 5 anak yang memiliki masalah karakter dan setelah peneliti melakukan penelitian, peneliti menemukan perubahan yakni Alfredo Munthe BSH (Berkembang Sesuai Harapan), Ashley Amory Purba MB (Mulai Berkembang), Gomgom Munthe BSH (Berkembang Sesuai Harapan), Iwan Simanjuntak BSB (Berkembang Sangat Baik), dan Sixcop Sihite BSB (Berkembang Sangat Baik). Dapat disimpulkan bahwasannya guru telah berusaha semaksimal mungkin dengan melakukan penggunaan metode bercerita dan metode pemberian tugas untuk mengembangkan dan menerapkan pendidikan karakter anak usia dini dan telah menunjukkan hasil yang optimal di TK Pelangi Kasih Kecamatan Doloksanggul.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-PAUD-012 |
Keywords: | Pendidikan Karakter; Anak Usia Dini |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 28 Jul 2022 08:20 |
Last Modified: | 28 Jul 2022 08:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46907 |