Pengaruh Penggunaan Media Google Classroom dan Motivasi Belajar Saat Pandemi COVID-19 Terhadap Hasil Belajar Pada Pelajaran Gambar Teknik Otomotif Siswa Kelas X TKRO SMKS Mandiri Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2020/2021

Asyudi, Syahrial (2021) Pengaruh Penggunaan Media Google Classroom dan Motivasi Belajar Saat Pandemi COVID-19 Terhadap Hasil Belajar Pada Pelajaran Gambar Teknik Otomotif Siswa Kelas X TKRO SMKS Mandiri Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. (NIM. 5163121032) COVER.pdf]
Preview
Text
1. (NIM. 5163121032) COVER.pdf - Published Version

Download (312kB) | Preview
[thumbnail of 2. (NIM. 5163121032) APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. (NIM. 5163121032) APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 3. (NIM. 5163121032) ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. (NIM. 5163121032) ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (680kB) | Preview
[thumbnail of 4. (NIM. 5163121032) PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. (NIM. 5163121032) PREFACE.pdf - Published Version

Download (687kB) | Preview
[thumbnail of 5. (NIM. 5163121032) TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. (NIM. 5163121032) TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (896kB) | Preview
[thumbnail of 6. (NIM. 5163121032) TABLE.pdf]
Preview
Text
6. (NIM. 5163121032) TABLE.pdf - Published Version

Download (621kB) | Preview
[thumbnail of 7. (NIM. 5163121032) ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. (NIM. 5163121032) ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (344kB) | Preview
[thumbnail of 8. (NIM. 5163121032) APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. (NIM. 5163121032) APPENDICES.pdf - Published Version

Download (620kB) | Preview
[thumbnail of 9. (NIM. 5163121032) CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. (NIM. 5163121032) CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 10. (NIM. 5163121032) CHAPTER II.pdf] Text
10. (NIM. 5163121032) CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of 11. (NIM. 5163121032) CHAPTER III.pdf] Text
11. (NIM. 5163121032) CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of 12. (NIM. 5163121032) CHAPTER IV.pdf] Text
12. (NIM. 5163121032) CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[thumbnail of 13. (NIM. 5163121032) CHAPTER V.pdf] Text
13. (NIM. 5163121032) CHAPTER V.pdf

Download (896kB)
[thumbnail of 14. (NIM. 5163121032) BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. (NIM. 5163121032) BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 15. (NIM. 5163121032) ENCLOSURE.pdf] Text
15. (NIM. 5163121032) ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara penggunaan media google classroom dan motivasi belajar saat pandemi covid-19 secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran gambar teknik otomotif kelas X SMKS Mandiri Percut Sei Tuan Medan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMKS Mandiri Percut Sei Tuan Medan. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik random sampling yaitu siswa kelas X SMKS Mandiri Percut Sei Tuan Medan. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, korelasi dan regresi pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menemukan adanya pengaruh antara penggunaan media google classroom (X1) dengan hasil belajar (Y) memiliki koefisien rhitung 0,348 dan thitung 2,318 > ttabel 2,019. Karena harga thitung > ttabel, hal ini menunjukkan adanya pengaruh antara prediktor X1 dan kriterium Y dengan sumbangan efektif sebesar 11,7%. Pengaruh antara motivasi belajar siswa saat pandemi covid-19 (X2) dengan hasil belajar siswa (Y) memiliki koefisien rhitung 0,216 dan thitung 1,310 < ttabel 2,019. Karena harga thitung < ttabel, hal ini menunjukkan tidak adanya pengaruh antara prediktor X2 dan kriterium Y dengan sumbangan efektif sebesar 4,1%. Kemudian pengaruh antara penggunaan media google classroom (X1) dan motivasi belajar siswa pada saat pandemi covid-19 (X2) secara bersama-sama dengan hasil belajar siswa (Y), ditemukan harga fhitung 3,787 dengan derajat kebebasan (df) 2 pada taraf kepercayaan 5% diperoleh ftabel 3,22. Karena harga fhitung > ftabel, hal ini menujukkan adanya pengaruh signifikan bernilai positif karena koefisien masing-masing predictor X1 dan X2 adalah 0,196 dan 0,116 dengan sumbangan efektif sebesar 15,8 %. Kesimpulan dari penelitian ini ialah terdapat pengaruh penggunaan media google classroom (X1) terhadap hasil belajar siswa (Y), lalu tidak terdapat pengaruh motivasi belajar siswa pada saat pandemi covid-19 (X2) terhadap hasil belajar siswa (Y), dan jika kedua variabel bebas disatukan maka terdapat pengaruh penggunaan media google classroom (X1) dan motivasi belajar siswa saat pandemi covid-19 (X2) terhadap hasil belajar siswa (Y).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Google Classroom, Motivasi Belajar Siswa dan Hasil Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 28 Jul 2022 02:53
Last Modified: 21 Aug 2025 04:21
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46902

Actions (login required)

View Item
View Item