Asyudi, Syahrial (2021) Pengaruh Penggunaan Media Google Classroom dan Motivasi Belajar Saat Pandemi COVID-19 Terhadap Hasil Belajar Pada Pelajaran Gambar Teknik Otomotif Siswa Kelas X TKRO SMKS Mandiri Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. (NIM. 5163121032) COVER.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
2. (NIM. 5163121032) APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
3. (NIM. 5163121032) ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (680kB) | Preview
4. (NIM. 5163121032) PREFACE.pdf - Published Version
Download (687kB) | Preview
5. (NIM. 5163121032) TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (896kB) | Preview
6. (NIM. 5163121032) TABLE.pdf - Published Version
Download (621kB) | Preview
7. (NIM. 5163121032) ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
8. (NIM. 5163121032) APPENDICES.pdf - Published Version
Download (620kB) | Preview
9. (NIM. 5163121032) CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. (NIM. 5163121032) CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (896kB) | Preview
14. (NIM. 5163121032) BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara penggunaan media google classroom dan motivasi belajar saat pandemi covid-19 secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran gambar teknik otomotif kelas X SMKS Mandiri Percut Sei Tuan Medan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMKS Mandiri Percut Sei Tuan Medan. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik random sampling yaitu siswa kelas X SMKS Mandiri Percut Sei Tuan Medan. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, korelasi dan regresi pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menemukan adanya pengaruh antara penggunaan media google classroom (X1) dengan hasil belajar (Y) memiliki koefisien rhitung 0,348 dan thitung 2,318 > ttabel 2,019. Karena harga thitung > ttabel, hal ini menunjukkan adanya pengaruh antara prediktor X1 dan kriterium Y dengan sumbangan efektif sebesar 11,7%. Pengaruh antara motivasi belajar siswa saat pandemi covid-19 (X2) dengan hasil belajar siswa (Y) memiliki koefisien rhitung 0,216 dan thitung 1,310 < ttabel 2,019. Karena harga thitung < ttabel, hal ini menunjukkan tidak adanya pengaruh antara prediktor X2 dan kriterium Y dengan sumbangan efektif sebesar 4,1%. Kemudian pengaruh antara penggunaan media google classroom (X1) dan motivasi belajar siswa pada saat pandemi covid-19 (X2) secara bersama-sama dengan hasil belajar siswa (Y), ditemukan harga fhitung 3,787 dengan derajat kebebasan (df) 2 pada taraf kepercayaan 5% diperoleh ftabel 3,22. Karena harga fhitung > ftabel, hal ini menujukkan adanya pengaruh signifikan bernilai positif karena koefisien masing-masing predictor X1 dan X2 adalah 0,196 dan 0,116 dengan sumbangan efektif sebesar 15,8 %. Kesimpulan dari penelitian ini ialah terdapat pengaruh penggunaan media google classroom (X1) terhadap hasil belajar siswa (Y), lalu tidak terdapat pengaruh motivasi belajar siswa pada saat pandemi covid-19 (X2) terhadap hasil belajar siswa (Y), dan jika kedua variabel bebas disatukan maka terdapat pengaruh penggunaan media google classroom (X1) dan motivasi belajar siswa saat pandemi covid-19 (X2) terhadap hasil belajar siswa (Y).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Google Classroom, Motivasi Belajar Siswa dan Hasil Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 28 Jul 2022 02:53 |
Last Modified: | 28 Jul 2022 02:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46902 |