Hulaimy, Darkhot (2021) PENGEMBANGAN TRAINER SISTEM KENDALI MOTOR LISTRIK BERBASIS OUTSEAL PLC V.5 SEBAGAI ALAT PRAKTIK SISWA PADA MATA PELAJARAN INSTALASI MOTOR LISTRIK KELAS XI TITL SMK N 5 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5152131005 COVER.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
2. NIM. 5152131005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 5152131005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (696kB) | Preview
4. NIM. 5152131005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (629kB) | Preview
5. NIM. 5152131005 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (639kB) | Preview
6. NIM. 5152131005 TABELS.pdf - Published Version
Download (364kB) | Preview
7. NIM. 5152131005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (433kB) | Preview
8. NIM. 5152131005 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (354kB) | Preview
9. NIM. 5152131005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
13. NIM. 5152131005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (627kB) | Preview
14. NIM. 5152131005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (425kB) | Preview
Abstract
Media pembelajaran merupakan salah satu komponen pembelajaran yang mempunyai peranan penting dalam kegiatan belajar mengajar. Pemanfaatan media seharusnya menjadi bagian yang diperhatikan guru selaku fasilitator dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi ke sekolah dan melihat proses pembelajaran, peneliti menemukan beberapa masalah yang berhubungan dengan prasarana yang mendukung proses kegiatan belajar mengajar. Berdasarkan masalah tersebut peneliti mencoba mengembangkan Trainer Sistem kendali Motor listrik Berbasis Outseal PLC dengan tujuan untuk mempermudah proses pembelajaran dan mempermudah peserta didik untuk memahami materi yang diajarkan guru dengan melakukan proses pembelajaran praktek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Trainer Sistem Kendali Motor Listrik layak digunakan pada pembelajaran Instalasi Motor Listrik. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK N 5 Medan. Prosedur pengembangan media dilakukan dengan metode Research and Development atau lebih dikenal dengan R&D dan menggunakan model desain pengembangan Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation (ADDIE). Berdasarkan data yang didapat selama penelitian, hasil validasi dari ahli media dan materi maka media pembelajaran ini dinyatakan memenuhi persyaratan dan layak digunakan sebagai media pembelajaran dibuktikan dari hasil penilaian kelayakan ahli materi memperoleh kategori kelayakan sangat layak dengan rerata presentase 92 % , hasil penilaian kelayakan dari ahli media memperoleh kategori kelayakan sangat layak dengan rerata presentase 86 %. Dengan demikian pengembangan media pembelajaran sangat baik dilakukan dengan melihat nilai dari para ahli validator dan juga tanggapan positif yang mendukung media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan, Trainer, SMK N 5 Medan |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK2000 Dynamoelectric machinery and auxiliaries Including generators, motors, transformers |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 28 Jul 2022 01:57 |
Last Modified: | 28 Jul 2022 01:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46881 |