Simamora, Reny Sabrina (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Sejarah Lokal Materi Tokoh Nasional dan Daerah dalam Memperjuangkan Kemerdekaan untuk Kelas XI SMA Negeri 1 Bandar. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 3181121002 COVER.pdf.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
2. NIM. 3181121002 LEMBAR PENGESAHAN.pdf.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 3181121002 ABSTRAK.pdf.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
4. NIM. 3181121002 KATA PENGANTAR.pdf.pdf - Published Version
Download (413kB) | Preview
5. NIM. 3181121002 DAFTAR ISI.pdf.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
6. NIM. 3181121002 DAFTAR TABEL.pdf.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
7. NIM. 3181121002 DAFTAR GAMBAR.pdf.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
8. NIM. 3181121002 DAFTAR LAMPIRAN.pdf.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
9. NIM. 3181121002 BAB I.pdf.pdf - Published Version
Download (551kB) | Preview
13. NIM. 3181121002 BAB V.pdf.pdf - Published Version
Download (327kB) | Preview
14. NIM. 3181121002 DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf - Published Version
Download (404kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya penggunaan media pembelajaran interaktif pada pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Bandar, dan dalam pelaksanaan pembelajaran sejarah, guru lebih terfokus pada materi yang tersedia pada buku paket saja. Tujuan dalam penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis sejarah lokal materi tokoh nasional dan daerah dalam memperjuangkan kemerdekaan untuk kelas XI SMA Negeri 1 Bandar dan (2) Untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis
sejarah lokal yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan Model Lima Tahap (Mantap) yang meliputi (1) Penelitian Pendahuluan, (2) Pengembangan Produk, (3) Validasi Produk, (4) Uji
Coba Produk, dan (5) Diseminasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Bandar, dengan sampel penelitian kelas XI IPS 1. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu instrumen validasi ahli materi, instrumen validasi ahli media dan instrumen uji coba produk kepada siswa. Teknik analisis data penelitian ini yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis sejarah lokal yang dikembangkan mendapatkan persentase nilai oleh ahli materi sebesar 95% dengan kategori sangat layak, ahli media 95,68% dengan kategori sangat layak. Hasil uji coba produk kepada kelompok terbatas mendapatkan persentase nilai sebesar 89,79% dengan kategori sangat layak, dan uji coba produk kelompok luas mendapatkan persentase nilai
91,37% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan persentase hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif yang dikembangkan mendapatkan kategori sangat layak untuk digunakan pada proses pembelajaran sejarah di sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran Interaktif; Pembelajaran Sejarah; R&D |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Siti Nur Fatimah |
Date Deposited: | 22 Sep 2022 04:15 |
Last Modified: | 22 Sep 2022 04:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46880 |