Pardede, Fransasto (2022) Analisis Kendala yang di Hadapi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi dalam Pembelajaran Daring pada Mata Kuliah Sistem Informasi Geografi. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 3173331016 COVER.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
2. NIM 3173331016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (913kB) | Preview
3. NIM 3173331016 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
4. NIM 3173331016 PREFACE.pdf - Published Version
Download (401kB) | Preview
5. NIM 3173331016 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
6. NIM 3173331016 TABLES.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
7. NIM 3173331016 ILLUSTRATIONS.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
8. NIM 3173331016 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
9. NIM 3173331016 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (651kB) | Preview
14. NIM 3173331016 CHAPTER VI.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
15. NIM 3173331016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (602kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Mengetahui kemampuan mahasiswa dalam pembelajaran daring pada mata kuliah SIG, (2) Mengetahui kendala dan hambatan yang di hadapi mahasiswa dalam pembelajaran daring maupun dalam
penugasan praktek pada mata kuliah SIG, (3) Mengetaui upaya yang dilakukan mahasiswa untuk mengatasi kendala dalam penugasan praktek mata kuliah SIG. Penelitian ini dilakukan di Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial,
Universitas Negeri Medan yang berlokasi di Jalan William Iskandar Pasar V Medan Estate. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa angkatan 2018 Jurusan Pendidikan Geografi, Universitas Negeri Medan. Teknik analisis data yaitu pengumpulan data melalui angket (kuisoner) dan instrumen pengumpulan data menggunakan Skala Likert, dibuat dalam bentuk checklist untuk menjawab semua soal yang diberikan kepada responden. Angket yang telah diberikan kepada mahasiswa tersebut kemudian dikumpulkan dan dianalisis. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan mahasiswa dalam pembelajaran daring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Analisis Kendala yang di Hadapi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi dalam Pembelajaran Daring pada Mata Kuliah Sistem Informasi Geografi, Kemampuan mahasiswa dalam pembelajaran daring masih belum mampu
memahami materi secara penuh yang di sampaikan secara daring, terlihat dari pernyataan instrumen mahasiswa kaku dengan sistem pembelajaran daring yang secara praktik dan
berdasarkan RPS pembelajaran mata kulliah ini lebih efektif secara langsung atau tatap muka. Kendala dan hambatan, mahasiswa masih kurang mampu mengikuti pembelajaran mata kuliah SIG. Hal ini terlihat dari hasil skor yang di dapatkan dalam deskriptor ini mahasiswa mengalami tidak mampu mengikutinya dengan maksimal. Upaya yang dilakukan,
mahasiswa selalu berusaha untuk mengikuti pembelajaran daring yang sedang berlangsung maupun pembelajaran daring yang tidak langsung. Hal ini terlihat dari pernyataan,
mahasiswa selalu mencari jalan keluar dari masalah yang di hadapi dan mahasiswa juga mencari dari berbagai referensi, fitur, media, video, tutorial, animasi di berbagai sosial media yang berkaitan dengan pembelajaran mata kuliah untuk menguasai topik pembelajaran yang di sampaikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kendala dan Hambatan; Kemampuan pembelajaran daring; Upaya; Sistem Informasi Geografi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Siti Nur Fatimah |
Date Deposited: | 27 Jul 2022 05:25 |
Last Modified: | 27 Jul 2022 05:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46815 |