Hutagaol, Agnes Aurelia (2021) Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Menggunakan Blog Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan Dan Teknik Pengukuran Tanah Kelas X Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan Informasi Bangunan SMKN 1 Percut Sei Tuan. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM. 5162111009 COVER.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
02. NIM. 5162111009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
03. NIM. 5162111009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
04. NIM. 5162111009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (572kB) | Preview
05. NIM. 5162111009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (575kB) | Preview
06. NIM. 5162111009 TABLES.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
07. NIM. 5162111009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
08. NIM. 5162111009 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
09. NIM. 5162111009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
13. NIM. 5162111009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (849kB) | Preview
14. NIM. 5162111009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (602kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis rancang bangun (blue print) media pembelajaran e-learning menggunakan blog pada siswa kelas X Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan Informasi Bangunan SMKN 1 Percut Sei Tuan; (2) menganalisis kelayakan media pembelajaran e-learning menggunakan blog pada mata pelajaran Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan dan Teknik Pengukuran Tanah kelas X berdasarkan ahli materi, ahli bahasa, ahli media, dan siswa. Jenis penelitian ini ialah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dan dilaksanakan di SMKN 1 Percut Sei Tuan. Instrumen penelitian yaitu lembar validasi untuk para ahli dan angket respon siswa dengan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian yaitu (1) rancang bangun media pembelajaran e-learning menggunakan blog menerapkan model pengembangan ADDIE, dengan kegiatan pada tahap analisis yaitu menganalisis kebutuhan siswa dan menetapkan produk. Tahap perencanaan dilakukan kegiatan menentukan KD, merencanakan produk, dan membuat flowchart beserta storyboard. Tahap selanjutnya ialah pengembangan dengan kegiatannya membuat produk, validasi dari para ahli, dan revisi produk. Tahap terakhir implementasi dilakukan kegiatan yaitu uji produk, respon siswa berskala kecil, respon siswa berskala besar, dan akhir yaitu produk akhir yang disebarluaskan. (2) kelayakan media pembelajaran menggunakan blog pada mata pelajaran Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan dan Teknik Pengukuran Tanah yang divalidasi oleh ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media dengan rata-rata nilai sebesar 4,14 berkriteria baik. Respon siswa pada media pembelajaran e-learning menggunakan blog bernilai 4,24 berkriteria baik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Penelitian dan Pengembangan, Media Pembelajaran E-learning, Blog, Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan dan Teknik Pengukuran Tanah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education T Technology > T Technology (General) > T58.6 Management information systems |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 27 Jul 2022 04:05 |
Last Modified: | 27 Jul 2022 04:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46773 |