Rindani, Ayunda (2022) Penerapan Model Kooperatif Learning Tipe Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Di Kelas VA SD 101768 Tembung T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1183311002_COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. NIM. 1183311002_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (329kB) | Preview
3. NIM. 1183311002_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
4. NIM. 1183311002_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
5. NIM. 1183311002_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
6. NIM. 1183311002_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
7. NIM. 1183311002_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM. 1183311002_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9. NIM. 1183311002_BAB I.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
13. NIM. 1183311002_BAB V.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
14. NIM. 1183311002_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa
di kelas V.A dengan menggunakan model Kooperatif Learning Tipe Talking
Stick.dalam penelitian ini metode penelitiannya yaitu Penelitian Tindakan Kelas
(PTK) yang betujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan
hasil belajar siswa dalam pelajaran matematika dan memiliki dua siklus dimana
masing-masing terdiri dari empat tahap, tekhnik pengumpulan data dilakukan.
Teknik pengumpulan data dilakukan dalam 4 tahap yaitu : Perencanaan (plan)
,Tindakan (act), Pengamatan (observe),Refleksi. Pada tahap perencanaan, peneliti
merancang tindakan yang akan dilakukan dalam penelitian, yaitu meliputi pra
siklus, menentukan tujuan pembelajaran, membuat rencana pembelajaran,
merancang instrumen dalam penyampaian materi, membuat lembar observasi dan
alat evaluasi untuk mengevaluasi hasil pembelajaran. Pada tahap tindakan, guru
melaksanakan kegiatan pembelajaran sebagaimana yang telah direncanakan
sebelumnya, yaitu kegiatan pembelajaran menggunakan spying method.
Pelaksanaan tindakan bersifat fleksibel dan terbuka terhadap perubahanperubahan
sesuai dengan apa yang terjadi di lapangan. Selain itu, peneliti
mengamati keaktifan siswa dalam proses belajar sesuai dengan lembar
pengamatan yang telah dipersiapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
Berdasarkan persentase ketuntasan hasil belajar siswa dapat diketahui bahwa pada
hasil siklus, dari 30 siswa terdapat 17 orang dengan persentase ketuntasan (57%)
yang mendapat nilai tuntas dan 13 siswa tidak tuntas dengan persentase
ketuntasan (43%). Sedangkan pada siklus II di peroleh 28 siswa yang tuntas
dengan presentase 93% dan 2 orang siswa yang tidak tuntas dengan persentase 7%
pada materi Operasi Hitung Penjumlahan, Pengurangan, Perkalian dan Pembagian
dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick.
Berdasarkan hasil tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus tersebut pada
siswa V SD Negeri 101768 Tembung T.A 2021/2022, dapat dinyatakan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Operasi Hitung Penjumlahan,Pengurangan, Perkalian dan Pembagian di kelas V SD Negeri 101768 Tembung T.A 2021/2022, dimana 70% dari keseluruhan jumlah siswa dapat mengikutiproses belajar dengan baik dan telah mencapai nilai rata-rata 70.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Kooperatif Learning Tipe Talking Stick; Hasil Belajar Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 27 Jul 2022 09:09 |
Last Modified: | 27 Jul 2022 09:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46770 |