Situmorang, Nursanti (2022) Pengembangan Modul Listrik Dinamis Berbasis STEM. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM_8196176002_COVER.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
2. NIM_8196176002_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
3. NIM_8196176002_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
4. NIM_8196176002_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
5. NIM_8196176002_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
6. NIM_8196176002_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
7. NIM_8196176002_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
8. NIM_8196176002_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
9. NIM_8196176002_BAB I.pdf - Published Version
Download (385kB) | Preview
13. NIM_8196176002_BAB V.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
14.NIM_8196176002_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat validitas, kepraktisan dan keefektifan modul pembelajaran yang dikembangkan. Modul pembelajaran listrik dinamis berbasis STEM (science,technology, Engineering and mathematics) telah dirancang dan dikembangkan. Sampul dan isi modul didesain semenarik mungkin untuk memudahkan guru mengarahkan siswa dalam belajar fisika. Selain itu, melalui modul ini siswa diharapkan mampu meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi terkait listrik dinamis. Penilaian terhadap modul dilakukan untuk mengetahui apakah modul tersebut layak, praktis dan efektif untuk digunakan. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Ada lima aspek untuk mengukur kevalidan modul ini meliputi aspek kelayakan isi, penyajian, bahasa, elemen STEM, dan kelayakan kegrafikan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA1 SMA Negeri 1 LumbanjuluKabupaten Toba. Berdasarkan Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Modul pembelajaran listrik dinamis berbasis STEM dengan menggunakan model ADDIE telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Dan dapat diterapkan sebagai Modul pembelajaran Listrik Dinamis berbasis STEM. Berdasarkan hasil penilaian media dan materi pembelajaran didapatkan bahwa modul sangat layak (sangat setuju) untuk digunakan dalam pembelajaran listrik dinamis di sekolah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 537,607 2 Sit p |
Keywords: | Modul; STEM; ADDIE |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC501 Electricity |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 26 Jul 2022 07:44 |
Last Modified: | 26 Jul 2022 07:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46766 |