Nasution, Hafizd Darmawan (2022) Pengembangan Desain Pembelajaran Berbasis ICT Memanfaatkan Power Point, Filmora, Whatsapp Grup, Google Classroom, dan Googel Formulir Untuk Memaksimalkan Keefektifan Pembelajaran. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8196171007 COVER.pdf.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
2. NIM. 8196171007 APPROVAL SHEET.pdf.pdf - Published Version
Download (337kB) | Preview
3. NIM. 8196171007 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
4. NIM. 8196171007 PREFACE.pdf.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
5. NIM. 8196171007 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
6. NIM. 8196171007 LIST OF TABLES.pdf.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
7. NIM. 8196171007 LIST OF FIGURES.pdf.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
8. NIM. 8196171007 APPENDIX.pdf.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
9. NIM. 8196171007 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version
Download (747kB) | Preview
13. NIM. 8196171007 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version
Download (406kB) | Preview
14. NIM. 8196171007 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version
Download (415kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pengembangan desain pembelajaran berbasis ICT memanfaatkan power point, filmora, whatsapp grup, google classroom, dan google formulir dalam pembelajaran matematika; 2) mendeskripsikan tanggapan guru terhadap desain pembelajaran berbasis ICT memanfaatkan power point, filmora, whatsapp grup, google classroom, dan google formulir dalam pembelajaran matematika yang telah dikembangkan; 3) mendeskripsikan tanggapan siswa terhadap desain pembelajaran berbasis ICT memanfaatkan power point, filmora, whatsapp grup, google classroom, dan google formulir dalam pembelajaran matematika yang telah dikembangkan; 4) menegetahui keefektifan belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran yang dikembangkan dengan aplikasi power point, filmora, whatsapp grup, google classroom, dan google formulir. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4-D. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pengembangan desain pembelajaran berbasis ICT memanfaatkan power point, filmora, whatsapp grup, google classroom, dan googel formulir untuk meningkatkan keefektifan hasil belajar siswa yang dikembangkan memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan model pembelajaran interaktif; 2) Tanggapan guru terhadap desain pembelajaran berbasis ICT memanfaatkan power point, filmora, whatsapp grup, google classroom, dan google formulir dalam pembelajaran matematika yang telah dikembangkan ialah setuju digunakan pada pembelajaran dalam jaringan, tetapi terlalu banyak aplikasi sehingga membuat guru sedikit repot atau bekerja ekstra; 3) Tanggapan siswa terhadap desain pembelajaran berbasis ICT memanfaatkan power point, filmora, whatsapp grup, google classroom, dan google formulir dalam pembelajaran matematika yang telah dikembangkan ialah setuju. Sehingga menarik dan bagus, tetapi tidak semua handphone atau smartphone dapat mengakses semua aplikasi-aplikasi yang disediakan; 4) Keefektifan dalam desain pembelajaran pembelajaran berbasis ICT memanfaatkan power point, filmora, whatsapp grup, google classroom, dan google formulir dalam pembelajaran matematika telah efektif karena indikator-indikator telah tercapai.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.72 Nas p |
Keywords: | Desain Pembelajaran; ICT; Keefektifan Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 26 Jul 2022 05:55 |
Last Modified: | 26 Jul 2022 05:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46759 |