Pengembangan Desain Pembelajaran Berbasis ICT Memanfaatkan Power Point, Filmora, Whatsapp Grup, Google Classroom, dan Googel Formulir Untuk Memaksimalkan Keefektifan Pembelajaran

Nasution, Hafizd Darmawan (2022) Pengembangan Desain Pembelajaran Berbasis ICT Memanfaatkan Power Point, Filmora, Whatsapp Grup, Google Classroom, dan Googel Formulir Untuk Memaksimalkan Keefektifan Pembelajaran. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8196171007 COVER.pdf.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8196171007 COVER.pdf.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8196171007 APPROVAL SHEET.pdf.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8196171007 APPROVAL SHEET.pdf.pdf - Published Version

Download (337kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8196171007 ABSTRACT.pdf.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8196171007 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8196171007 PREFACE.pdf.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8196171007 PREFACE.pdf.pdf - Published Version

Download (345kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8196171007 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8196171007 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8196171007 LIST OF TABLES.pdf.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8196171007 LIST OF TABLES.pdf.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8196171007 LIST OF FIGURES.pdf.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8196171007 LIST OF FIGURES.pdf.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8196171007 APPENDIX.pdf.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8196171007 APPENDIX.pdf.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8196171007 CHAPTER I.pdf.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8196171007 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version

Download (747kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8196171007 CHAPTER V.pdf.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8196171007 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version

Download (406kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8196171007 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8196171007 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version

Download (415kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pengembangan desain pembelajaran berbasis ICT memanfaatkan power point, filmora, whatsapp grup, google classroom, dan google formulir dalam pembelajaran matematika; 2) mendeskripsikan tanggapan guru terhadap desain pembelajaran berbasis ICT memanfaatkan power point, filmora, whatsapp grup, google classroom, dan google formulir dalam pembelajaran matematika yang telah dikembangkan; 3) mendeskripsikan tanggapan siswa terhadap desain pembelajaran berbasis ICT memanfaatkan power point, filmora, whatsapp grup, google classroom, dan google formulir dalam pembelajaran matematika yang telah dikembangkan; 4) menegetahui keefektifan belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran yang dikembangkan dengan aplikasi power point, filmora, whatsapp grup, google classroom, dan google formulir. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4-D. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pengembangan desain pembelajaran berbasis ICT memanfaatkan power point, filmora, whatsapp grup, google classroom, dan googel formulir untuk meningkatkan keefektifan hasil belajar siswa yang dikembangkan memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan model pembelajaran interaktif; 2) Tanggapan guru terhadap desain pembelajaran berbasis ICT memanfaatkan power point, filmora, whatsapp grup, google classroom, dan google formulir dalam pembelajaran matematika yang telah dikembangkan ialah setuju digunakan pada pembelajaran dalam jaringan, tetapi terlalu banyak aplikasi sehingga membuat guru sedikit repot atau bekerja ekstra; 3) Tanggapan siswa terhadap desain pembelajaran berbasis ICT memanfaatkan power point, filmora, whatsapp grup, google classroom, dan google formulir dalam pembelajaran matematika yang telah dikembangkan ialah setuju. Sehingga menarik dan bagus, tetapi tidak semua handphone atau smartphone dapat mengakses semua aplikasi-aplikasi yang disediakan; 4) Keefektifan dalam desain pembelajaran pembelajaran berbasis ICT memanfaatkan power point, filmora, whatsapp grup, google classroom, dan google formulir dalam pembelajaran matematika telah efektif karena indikator-indikator telah tercapai.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.72 Nas p
Keywords: Desain Pembelajaran; ICT; Keefektifan Belajar Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 26 Jul 2022 05:55
Last Modified: 26 Jul 2022 05:55
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46759

Actions (login required)

View Item
View Item