Rambe, Riris Nur Kholidah (2022) Pengembangan Model Pembelajaran Multiliterasi Berbasis Metakognisi untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Kreatif Siswa. Doctoral thesis, UNIMED.
1. NIM. 8176184006 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. NIM. 8176184006 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
3. NIM. 8176184006 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
8. NIM. 8176184006 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
9. NIM. 8176184006 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
10. NIM. 8176184006 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
11. NIM. 8176184006 DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
12. NIM. 8176184006 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
13. NIM. 8176184006 BAB I.pdf - Published Version
Download (834kB) | Preview
17. NIM. 8176184006 BAB V.pdf - Published Version
Download (374kB) | Preview
18. NIM. 8176184006 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (433kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini didasari oleh permasalahan terkait keterampilaan menulis kreatif yang selama ini belum mengaktifkan kemampuan metakognisi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan menguji tingkat kevalidan, kepraktisan dan keefektifan model pembelajaran multiliterasi berbasis metakognisi untuk meningkatkan keterampilan menulis kreatif siswa Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan. Model pembelajaran multiliterasi berbasis metakognisi dikembangkan memenuhi kriteria komponen model pembelajaran yakni: sintaks model, sistem sosial, prinsip reaksi pengelolaan, sistem pendukung, dan dampak instruksional dan pengiring, serta instrumen-instrumen yang diperlukan. Pengembangan model pembelajaran yang dilakukan mengikuti tahapan pengembangan yang dikemukakan oleh Plomp dengan memperhatikan tiga aspek produk dari Nieveen. Instrumen yang dikembangkan berupa lembar validasi model pembelajaran dan perangkat pembelajaran yang divalidasi oleh ahli dan praktisi. Penelitian ini menghasilkan model pembelajaran multiliterasi berbasis metakognisi yang memenuhi kriteria valid baik dari segi isi dan konstruk, praktis dan efektif berada pada level tinggi. Implikasi penelitian ini berupa model pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan menulis kreatif siswa. Rekomendasi bagi peneliti selanjutnya supaya menerapkan model pembelajaran multiliterasi berbasis metakognisi pada materi lain, baik di tingkat sekolah dasar maupun sekolah menengah pertama.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Additional Information: | 372.62 Ram p |
Keywords: | Keterampilan menulis kreatif; model pembelajaran multiliterasi; metakognisi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC149 Literacy. Illiteracy |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar (S3) |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 26 Jul 2022 05:27 |
Last Modified: | 26 Jul 2022 05:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46757 |